Simfoni Mahasiswa dalam Konser Gitar dan Piano ITB Student Orchestra

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id—ITB Student Orchestra menggelar konser gitar dan piano bertajuk La Symphonie d’Étudiants. Konser tahunan yang diadakan di Aula Barat pada 29 April 2023 ini berhasil mendatangkan penonton dari berbagai kalangan. Mahasiswa, dosen, sampai pejabat kampus datang untuk menikmati cerita tentang suka duka kemahasiswaan dalam balutan musik klasik dunia.

“Dalam konser ini, kita akan menikmati harmoni dari gitar dan piano yang indah, membawa kita merasakan suka dan duka yang dirasakan oleh mahasiswa. Kita akan diajak untuk mengalami pengalaman yang dapat membuka pikiran dan hati sehingga dapat memahami lebih dalam tentang dinamika kehidupan mahasiswa,” ujar Prof. Dr.-ing. Widjaja Martokusumo, Sekretaris Institut Teknologi Bandung saat memberikan sambutan.

Konser ini bertujuan mengenalkan musik klasik ke khalayak umum dan juga menjadi wadah bagi anggota ITB Student Orchestra untuk menampilkan kemampuan serta bakat musiknya.

“ITB Student Orchestra selalu rutin menggelar konser tahunan (annual concert) sejak lama. Akan tetapi, pagelaran tahunan kami sempat terputus karena COVID-19. Konser offline terakhir kami adalah pada tahun 2019 yang bertempat di Aula Timur ITB dan IFI Bandung. Pada tahun 2021, kami menggelar konser secara online.

Selanjutnya, pada tahun 2023 ini, kami berhasil mengadakan konser secara offline kembali,” ungkap Ketua Konser, Dewangga Syahputra (Teknik Sipil, 2019).

Pada konser ini, ITB Student Orchestra menjadikan gitar dan piano sebagai penampilan utama. Akan tetapi, beberapa alat musik seperti kontrabas dan biola juga ditampilkan dalam format duet piano. Dalam konser ini, 31 anggota ITB Student Orchestra yang berasal dari angkatan 2019 hingga 2022 menampilkan musik-musik dari berbagai komposer dunia.

“Kami membawakan berbagai macam lagu dari komposer terkenal seperti Saint-Saëns, Rachmaninoff, hingga Chopin. Kami juga menampilkan beberapa karya kontemporer, seperti You Say Run! dari My Hero Academia,” kata Music Director, Fakhry Muhammad K. (Teknik Sipil, 2019).

Koordinator Lapangan Konser, Grace Trinita L.S. (Teknik Industri, 2019) juga menambahkan cerita bahwa acara ini merupakan hasil dari semangat yang tinggi dari anggotanya. “Persiapan konser kami tahun ini bisa dikatakan sangat singkat,” ujarnya.

Setelah konser gitar dan piano ini selesai, anggota ITB Student Orchestra kembali berlatih dan fokus mempersiapkan konser-konser selanjutnya.

Reporter: Afgha Izzam Tursina, (Teknik Perminyakan, 2020)


scan for download