ITB Gelar Pelepasan Mahasiswa Program PMM Batch 3

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Pelepasan Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 tahun 2023, di Multipurpose Hall, Gedung CRCS, ITB Kampus Ganesha, Minggu (17/12/2023).

Direktur Direktorat Pendidikan Nonreguler ITB, Ridwan Sutriadi, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan, pengalaman mahasiswa PMM ITB Batch 3 selama empat bulan di ITB semoga menjadi bekal yang baik untuk masa depan. Beliau mengapresiasi Dosen Modul Nusantara (DMN), ketua program studi, dan wali dosen yang mendukung keberlangsungan program tersebut. Beliau pun mengapresiasi peserta mahasiswa yang berkontribusi positif selama di ITB.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pendidikan Berkelanjutan, Irwan Iskandar, S.T., M.T., Ph.D., mengapresiasi adaptasi dan semangat dari peserta yang berkuliah di ITB.

“Mahasiswa PMM Batch 3 sudah merasakan pengalamannya di ITB selama 4 bulan dari mulai bulan Agustus yang lalu. Mereka berani menghadapi tantangan yang baru, datang ke kampus yang mungkin asing awalnya. Saudara merasakan pengalaman yang tentunya bisa jadi pengalaman yang luar biasa, berinteraksi dengan sivitas akademika di Institut Teknologi Bandung, bisa merasakan fasilitas yang ada di ITB, bisa mengikuti perkuliahan dari dosen-dosen yang ada di ITB, dan tentunya akan mengenang kenangan itu sebagai kenangan yang mudah-mudahan kenangan manis yang tidak terlupakan,” ujarnya.

Beliau berharap pengalaman di ITB dapat menjadi bekal untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan diri, meningkatkan daya juang untuk mengikuti fase kehidupan berikutnya, menyelesaikan kuliah di kampusnya, dan mengabdi kepada masyarakat.

   

Sementara itu, perwakilan dosen ITB, Dr. Getbogi Hikmawan, S.Si., M.Si., memotivasi agar mahasiswa PMM dapat menjadi agen perubahan yang unggul di tengah masyarakat.

Adapun perwakilan DMN, Dr. Sutiadi Rahmansyah, S.S., M.Hum., menyampaikan pentingnya silaturahmi dan peran mahasiswa PMM agar terlibat aktif menjadi bagian yang mewujudkan lingkungan kampus yang berkualitas.

Perwakilan mahasiswa PMM Batch 3 ITB, yang juga Ketua Suku Mahasiswa PMM Batch 3 ITB, La Sul Mamusung, menyampaikan rasa syukur atas perjalanan yang singkat namun penuh makna di ITB. Dia pun menekankan pentingnya menjaga hubungan dan merawat kebersamaan yang terbentuk selama program PMM.

   

Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai penampilan dari DMN, Pangripta Swara (Mahasiswa Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, ITB), dan penampilan istimewa dari mahasiswa PMM Batch 3 ITB yang membawakan lagu perpisahan.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)

Dokumentasi: Dok. Pribadi


scan for download