Tim Mahasiswa ITB Juara 2 Internasional Huawei ICT Competition

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Tiga Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung, Ribka Tiarma (18120078), Helmi Ahmad Khaderani (18120067), dan Yeremias Mangu (18122010) meraih juara 2 dalam kompetisi internasional Huawei ICT Competition Asia Pacific 2024 untuk kategori jaringan komputer atau Network Track yang digelar pada tanggal 23-26 Juni 2024 di Shenzhen, China.

Huawei ICT Competition Asia Pacific 2023-2024 merupakan kompetisi pemanfaatan perangkat teknologi informatika dari Huawei untuk menjawab permasalahan sehari-hari. Kompetisi ini terdiri atas empat kategori, yaitu Network Track, Cloud Track, Innovation Track, dan Computing Track. Pada tahun ini, kompetisi Huawei ICT Competition Asia Pacific diikuti oleh 50 tim dari 32 negara di dunia.

Sebelum melangkah ke babak global final, tim ini berhasil memenangkan juara pertama di tingkat regional. Di tingkat regional ini mereka mendalami materi untuk sesi written test dan persiapan lainnya berbentuk hands-on lab menggunakan teknologi dari Huawei.

Tim yang dibimbing oleh Ibni Inggrianti ini telah mempersiapkan kompetisi sebaik mungkin sebelum berlaga di ajang internasional. Mereka rajin berkumpul dan berlatih setiap hari selama satu bulan penuh.

“Dalam persiapan menuju lomba tersebut, kami berkumpul dan berlatih setiap hari selama satu bulan. Latihannya dimulai dari pukul 3 sore setelah selesai kuliah hingga pukul 8 malam, dan paling lambat sampai pukul 11 malam,” ungkap Yeremias Mangu selaku perwakilan tim.

Adapun tantangan selama mengikuti kompetisi adalah persaingan yang lebih ketat karena skalanya internasional. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang baik, kerja sama tim yang kompak, dan pemahaman yang mendalam terhadap materi lomba yang begitu banyak.

“Tantangan di lomba tingkat internasional adalah persaingannya yang lebih berat karena harus bersaing dengan negara-negara dari Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, serta China sebagai tuan rumah sehingga diperlukan persiapan yang matang dan kerja sama tim yang solid,” tuturnya.

Reporter: Angra Eni Saepa (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download