ITB dan PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo) Tandatangani MoU untuk Bersinergi di Bidang Pendidikan dan Industri

Oleh Anggun Nindita

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) dan PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo) melaksanakan penandatanganan nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada Kamis (27/6/2024) di Ruang Rapim A Gedung Rektorat, Jalan Tamansari, Bandung.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dan FR Group Officer PT Fast Retailing Indonesia Noriyaki Koyama.

MoU ini adalah sebuah bukti jalinan kerja sama dalam bidang pendidikan, pengembangan, serta kontribusi generasi muda kreatif Indonesia dengan industri.

Ada pun kerja sama tersebut antara lain dengan pemberian beasiswa, pertukaran pelajar, program internship, penelitian dan pengembangan inovasi di bidang teknologi, khususnya yang berhubungan dengan teknologi tekstil.

Prof. Jaka dalam sambutannya menyampaikan terima kasih serta apresiasinya akan kolaborasi ini. "Saya sangat berterima kasih dengan adanya kerja sama ini. Terutama untuk program beasiswa, di mana dengan adanya beasiswa dapat menjadi penyemangat untuk mahasiswa untuk semakin berkembang di masa yang akan datang," ujarnya.

"Selain itu, kurikulum di ITB tidak hanya mengejar Kompetensi, namun juga fokus pada pengembangan karakter dan pembentukan manusia yang dapat memajukan pembangunan bangsa," lanjutnya.

Beliau pun berharap dengan danya MoU ini dapat semakin mempererat Hubungan antara dunia pendidikan dan industri. Sekaligus menghasilkan generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap berdaya saing baik di kancah nasional maupun internasional.

Sementara itu, Co-COO PT Fast Retailing Indonesia Yugo Shima menuturkan sangat terkesan dengan ITB, yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang telah banyak melahirkan generasi muda yang unggul.

"Sebagai perusahaan di bidang mode, kami ingin memberikan pengaruh positif kepada generasi muda, menghasilkan dampak nyata, dan berkontribusi pada dunia kreatif. Maka dari itu, dengan kolaborasi bersama ITB, kita bisa sama-sama menjajaki masa depan yang lebih baik lagi untuk dunia pendidikan dan industri," ucapnya.

Senada dengan Yugo Shima, Noriaki Koyama pun memberikan respons positif atas kerja sama ini.

"MoU ini merupakan langkah awal bagi kita untuk bersama-sama memajukan generasi muda agar lebih kreatif dan siap menghadapi masa depan," tuturnya.

"Salah satu kontribusi Uniqlo adalah melalui program beasiswa Uniqlo dan program internship, yang akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa ITB untuk belajar dan bertukar pengalaman di Jepang," paparnya.

Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan dan industri di Indonesia.


scan for download