Menjelajahi Dunia AI dan Keamanan Siber: Kunjungan Industri Mahasiswa ITB ke BRIN

Oleh Devi Berliana Pratiwi - Sains dan Teknologi Farmasi, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mengikuti Mata Kuliah Roadmap to Exploring Advance Career Tracks in Physics (Reactor) melakukan kunjungan industri ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kamis (13/6/2024).

Adanya mata kuliah Reactor ini berperan penting untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia karier maupun bagi yang ingin melanjutkan studi.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat sesi pematerian yang disampaikan Ketua Kelompok Riset Machine Learning, Prof.Eng. Hilman F. Pardede, S.T., M.Eng. dan Dr. Didi Rosiyadi, M.Kom. mengenai Cyber Security Research Group, yang salah satu proyeknya sempat dilakukan BRIN yang berkolaborasi dengan ITB dan UI.

Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) ITB, Aditya Aryashakti Putra Rahwaman, menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan kunjungan industri ke BRIN, khususnya ke Pusat Riset Kecerdasan Buatan dan Keamanan Siber, ini memiliki urgensi yang cukup tinggi dengan perkembangan teknologi sekarang.

“AI sekarang sedang berkembang pesat sehingga kami ingin mengetahui lebih dalam terkait perkembangannya, khususnya di dunia riset Indonesia,” tuturnya. Selain itu, fisika yang erat kaitannya dengan penelitian, memiliki hubungan yang selaras dengan riset yang dilakukan BRIN.

   

Adit berharap ke depannya mahasiswa Fisika ITB dapat melakukan kunjungan industri yang lebih banyak lagi. “Lebih lanjutnya mungkin dapat diadakan proyek kolaborasi dengan industri yang terkait,” katanya.

Reporter: Devi Berliana Pratiwi (Sains dan Teknologi Farmasi, 2021)


scan for download