UPT Logistik Sosialisasikan Pengadaan Barang/Jasa di ITB: Efisiensi dan Efektifitas melalui e-Marketplace dan Kontrak Payung

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Unit Pelaksana Teknis Logistik, Institut Teknologi Bandung (UPT Logistik ITB) mengadakan Sosialisasi Program Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan ITB dengan Tema "Efisiensi dan Efektif dengan e-Marketplace dan Kontrak Payung", di Ruang Multipurpose, CRCS, ITB Kampus Ganesha, Selasa (1/10/2024). Kegiatan ini dihadiri seluruh unit kerja di ITB dan disiarkan melalui YouTube UPT LOGISTIK ITB.

Kepala Bidang Perencanaan, Penyimpanan, dan Distribusi, UPT Logistik ITB, Atty Aryanti Saraswati, S.T., CPSp, CCMS, mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan seluruh unit kerja di ITB dapat memahami prosedur, ketentuan, maupun mekanisme pengadaan yang berlaku di ITB. Hal ini seiring adanya surat instruksi dari Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan (WRURK) ITB mengenai mekanisme pengadaan hingga pembayaran.

"Diharapkan unit dapat menjalankan sesuai prosedur dan saat pembayaran tidak ada terkendala," ujarnya.

   

Beliau mengatakan, kegiatan ini didukung oleh vendor yang bekerja sama dengan ITB, baik kerja sama dalam bentuk Kontrak Payung maupun e-Marketplace. Dengan begitu, para unit kerja dapat tergambarkan untuk efektivitas dan efisiensi dari dua pola tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, para vendor menjelaskan berbagai hal, mulai dari kemudahan proses untuk belanja hingga berbagai produk terbaru yang relevan bagi pengguna, baik dari segi percepatan produktivitas kerja, teknologi, hingga keamanan.

   

Sementara itu, HP Commercial Presales Indonesia, Krismayadi menjelaskan berbagai produk komersial dari HP Inc dengan berbagai kelebihannya. Produk commercial umumnya dipakai untuk perkantoran ataupun perkuliahan yang membutuhkan notebook yang kuat. Adapun produk commercial HP Inc sudah melewati HP total test process up to 120,000 hours, military standard tested, garansi hingga 5 tahun, dan dilengkapi teknologi AI hingga fitur keamanan.

"Kita mendukung untuk menggunakan teknologi AI, seperti noise reduction, camera auto frame, kemudian yang paling penting dari segi security karena saat ini yang paling banyak disorot dari segi security-nya. Dari HP commercial sudah include security," katanya.

Beragam produk yang dijelaskan, kata beliau, menunjang untuk mahasiswa, staf, dosen, untuk meningkatkan produktivitas.

 

   

Di sisi lain, Kepala Cabang PT Kawan Lama Solusi Bandung, Tri Raharjo, mengatakan bahwa pada kegiatan tersebut, pihaknya menjelaskan mengenai e-marketplace yang mempermudah transaksi pembelian bagi para user di ITB. Pihaknya pun memperkenalkan berbagai produk baru seperti modular system untuk mempercepat produktivitas kerja di bidang pergudangan yang terus berkembang dari konvensional ke modern.

Beliau mengatakan, pihaknya satu grup dengan Kawan Lama Grup, yang di dalamnya ada Informa dan Ace Hardware, yang menyediakan furnitur, produk kebersihan, hingga alat ukur.

Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini, unit kerja di ITB lebih familiar dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan pihaknya sehingga menunjang produktivitas dalam bekerja.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan ITB dapat berjalan lebih efisien, efektif, dan transparan. Pemanfaatan e-Marketplace dan Kontrak Payung diharapkan dapat mempermudah unit kerja dalam memenuhi kebutuhan, sekaligus mendorong penggunaan produk-produk inovatif yang mendukung peningkatan produktivitas mahasiswa, dosen, dan staf ITB. Kerja sama yang baik antara UPT Logistik, vendor, dan unit kerja menjadi kunci dalam mewujudkan tata kelola pengadaan yang optimal di ITB.