KMSR ITB Dorong Kreativitas dan Peduli Lingkungan Melalui Craftmanship Workshop dan Pasar Bulan Bintang

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

CIREBON, itb.ac.id - Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menggelar acara yang menggabungkan kegiatan berkarya seni dengan kepedulian terhadap lingkungan. Pada Minggu (24/3/2024), mereka mengundang masyarakat Cirebon untuk bergabung dalam "Craftmanship Accessories from Recycled Material Workshop with Kekaryaan Cirebon".

Craftmanship Workshop kali ini mengusung tema "Born in Rahim: BARON", yang dipandu mahasiswa Program Studi Kriya ITB, Muhammad Hasbi Ariobimo.

Karya-karya seni yang dihasilkan berasal dari alam, yaitu dari bahan-bahan daur ulang yang merupakan hasil limbah dari siklus alamiah. Harapannya, melalui workshop tersebut, peserta dapat menghargai lingkungan mulai dari hal kecil, seperti sampah, namun dapat menghasilkan karya luar biasa.

"BARON sangat berterima kasih kepada Workshop Bulan Bintang atas wadah berekspresi dan eksplorasi bagi BARON dan peserta workshop. Antusias pengunjung dan keinginan untuk belajar menjadi pemacu BARON untuk terus mengasah setiap anak-anak dari rahim BARON. Harapan BARON para pengunjung yang hadir mulai sadar untuk memuliakan sampah. Terima kasih KMSR ITB Cirebon, kobarkan api semangat berkarya. Peace out!” ujar Hasbi.

Peserta workshop memilih bahan-bahan daur ulang untuk diolah menjadi barang kreatif. (Dok. KMSR ITB)

Acara dilangsungkan di KaelCavity, Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedungdawa, Kedawung, Cirebon. Dengan memanfaatkan ruang terbuka dan suasana perdesaan, peserta diajak merasakan atmosfer yang berbeda dari keseharian mereka di kota.

Selain kesempatan untuk belajar dan berkarya, peserta disuguhi suasana hangat dan ramah, serta dapat menikmati kopi gratis yang telah termasuk dalam tiket masuk. Hal ini tidak hanya menambah keseruan acara, tetapi juga memberikan kesempatan bagi peserta bersantai dan berinteraksi satu sama lain.

KMSR ITB hadirkan Pasar Bulan Bintang yang menyediakan berbagai barang unik dan lucu, hasil dari kreativitas mahasiswa. (Dok. KMSR ITB)

Tak hanya workshop, acara ini juga menampilkan Pasar Bulan Bintang. Berbagai barang lucu dan unik tersedia untuk dibeli. Di pasar ini, para pengunjung dapat menemukan berbagai produk kreatif dan ramah lingkungan yang dihasilkan oleh para pelaku industri kreatif lokal. Hal ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi para peserta mendapatkan barang-barang unik, tetapi juga mendukung pertumbuhan dan pengembangan industri kreatif lokal.

Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan masyarakat dapat terus terdorong minat dan kesadarannya terhadap seni dan lingkungan, serta menginspirasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap masa depan bumi. KMSR ITB telah membuktikan bahwa seni bukan hanya sekadar penciptaan karya indah, tetapi juga alat untuk menyampaikan pesan dan mendorong perubahan positif dalam masyarakat.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download