Mahasiswa ITB Mengenal Teknologi di Balik Sumber Daya Energi Melalui Ekskursi ke Laboratorium PT Geoservices

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Mahasiswa ITB melakukan kegiatan ekskursi ke PT. Geoservices di Jakarta dan Bekasi, Jumat (2/8/2024). (Dok. Partisipan)

JAKARTA, itb.ac.id - Dalam rangka memperkenalkan teknologi carbon capture, utilization, and storage (CCUS) kepada mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Pusat Pemanfaatan Karbon Dioksida dan Gas Suar (PPKDGS) ITB menawarkan kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi bagian dari mata kuliah MBKM Kewirausahaan Mahasiswa A. Program ini ditujukan bagi mahasiswa S1 ITB dari berbagai program studi, termasuk Teknik Kimia, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, dan Teknik Mesin.

Salah satu kegiatan yang menarik perhatian dalam program ini adalah ekskursi ke Laboratorium Core, Geochemistry, PVT, dan Production Analysis yang dikelola oleh PT. Geoservices, Jumat (2/8/2024), di Jakarta dan Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Pihak dari PT. Geoservices memberikan penjelasan teknologi perusahaan. (Dok. Partisipan)

Kegiatan dimulai dengan pengenalan tentang profil perusahaan PT. Geoservices. Perusahaan ini memberikan layanan kepada industri minyak, gas, dan pertambangan, termasuk geotermal dan eksplorasi pertambangan. “Kami juga mendukung kunjungan kampus dan memiliki museum di Bandung, tempat perusahaan ini awalnya didirikan di Jalan Sukaasih,” ujar perwakilan dari PT. Geoservices.

Setelah itu, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan tur laboratorium. Untuk PT. Geoservices yang ada di Jakarta, terdapat geological service yang mencakup berbagai analisis, seperti core analysis, fluid analysis, PVT analysis, stratigraphic fossil, dan rock description. Sementara itu, di Cikarang, mahasiswa mengunjungi laboratorium mineral service. Berbagai laboratorium ini berfungsi untuk menguji tanah, bebatuan, dan potensi reservoir guna menilai kelayakan lokasi sebagai tempat penyimpanan CO2.

Mahasiswa mengikuti kegiatan tur laboratorium di PT Geoservices. (Dok. Partisipan)

Kegiatan ekskursi ini memberikan wawasan berharga bagi mahasiswa mengenai teknologi yang mendukung industri energi dan lingkungan. Dengan berbekal pengalaman langsung di lapangan, mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam studi dan karier di masa depan.

Selain itu, kegiatan ini menekankan pentingnya inovasi dan pengembangan teknologi dalam mengatasi tantangan perubahan iklim global sehingga mahasiswa diharapkan dapat turut serta berperan aktif dalam mempromosikan dan mengimplementasikan teknologi ramah lingkungan dalam praktik industri. Keterlibatan mereka dalam proyek seperti ini dapat mendorong pencarian solusi berkelanjutan untuk tantangan energi di masa depan.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download