Program Multidisiplin Smart-X ITB: Menciptakan Smart Solution Builder di Bidang Perkotaan, Maritim, Energi, dan Bangunan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka Program Multidisiplin Smart System (Smart-X) untuk membentuk lulusannya menjadi “Smart Solution Builder dan Transformer”. Lulusan program ini akan dibekali dengan wawasan luas tentang penerapan teknologi di berbagai bidang sehingga memiliki pola pikir untuk memanfaatkan solusi pintar di berbagai lingkungan. Program ini juga disesuaikan dengan konteks bidang tertentu seperti Smart City, Smart Maritime, Smart Energy, dan Smart Building.

Pesatnya kemajuan teknologi mendorong penggunaannya secara masif di berbagai sektor seperti ekonomi, sosial-budaya, pemerintahan, hingga kehidupan sehari-hari. Berbagai sektor mulai menerapkan konsep "smart" yang diaplikasikan pada beragam lingkungan yang mampu menciptakan smart city, smart building, smart maritime, dan smart energy.

Setiap sistem pintar tersebut terdiri atas proses “sensing-understanding-acting” yang melibatkan pengumpulan data, analitik untuk memahami situasi, dan pengambilan keputusan serta tindakan. Tahap-tahap ini dapat dilakukan oleh manusia dengan dibantu teknologi, ataupun otomatis oleh teknologi.

   

Beberapa teknologi inti yang menjadi fokus utama mencakup Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan Machine Learning untuk analitik. Selain itu, konsep design thinking, digital leadership, dan digital culture juga penting dalam merancang solusi dan mengarahkan transformasi menuju sistem pintar.

   

Dengan pendekatan multidisiplin dan transformasi digital, Program Multidisiplin Smart-X berkomitmen menghasilkan sumber daya manusia profesional yang siap memimpin dan membawa perubahan signifikan di era teknologi. Melalui program ini, diharapkan tercipta generasi baru yang mampu menerapkan transformasi teknologi canggih untuk lingkungan yang lebih efisien dan tepat guna.

Smart-X meliputi pelatihan intensif dalam teknologi serta penerapan konsep design thinking dan kepemimpinan digital. Mahasiswa akan memperoleh pengalaman langsung dengan studi kasus yang relevan serta keterampilan praktis yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di berbagai sektor. Program ini bertujuan tidak hanya untuk mendidik, tetapi juga menginspirasi mahasiswa agar menjadi agen perubahan dalam memajukan teknologi dan menciptakan solusi pintar untuk masa depan yang lebih baik.

Tayangan profil Program Studi Multidisiplin Magister Smart-X ITB

Untuk informasi persyaratan pendaftaran, jadwal tes, hingga biaya pendidikan, Anda dapat mengakses https://admission.itb.ac.id/info/program-magister/

Reporter: Stefany Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download