OSKM ITB 2022 Sambut Mahasiswa Baru dengan Semangat Perubahan Progresif Bagi Bangsa

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id–Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) ITB adalah acara penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara bauran (luring dan daring) pada 17-20 Agustus 2022. OSKM ini diselenggarakan dengan fokus menanamkan nilai-nilai budaya berkemahasiswaan di ITB yang dikaitkan dengan visi untuk berkontribusi bagi bangsa.

Acara dibuka dengan sambutan dari Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Selain itu mahasiswa baru juga disambut dengan sapaan hangat dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif. Ketiga tokoh tersebut merupakan alumni ITB lulusan dari Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Kimia.

“Mahasiswa yang berusaha berinteraksi dan bergaul di samping kuliah justru secara statistik berpotensi lebih sukses akademik sehingga bisa lulus tepat waktu. OSKM ini ingin memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru mengenai pentingnya pendidikan melalui hardskill dan softskill dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan juga untuk ajang mencari teman dan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah,” ujar Prof. Reini.

Visi perubahan progresif dipilih sebagai langkah awal pembangunan bangsa. Harapannya supaya ada nilai-nilai yang ditanamkan kepada mahasiswa baru dalam rangka terus mengembangkan diri sesuai potensi untuk mendukung kemajuan Indonesia.

OSKM diikuti oleh seluruh mahasiswa tahun pertama dari kampus Ganesha dan Jatinangor dengan masing-masing berjumlah 3.897 dan 928 mahasiswa. Serangkaian kegiatan daring menghadirkan beberapa tokoh terkemuka di tanah air. Pada hari pertama (17/08/2022) diselenggarakan gelar wicara yang bertajuk “Tantangan Masa Kini” secara daring bersama Najwa Shihab dan Ilham Akbar Habibie yang menekankan pentingnya sikap adaptif bagi mahasiswa.

Pada hari kedua, para mahasiswa baru diberikan kesempatan melaksanakan “Treasure Hunt” untuk melaksanakan tantangan yang ditugaskan secara luring bersama kelompok keluarga mentoring. Terlihat para mahasiswa baru sangat antusias menyelesaikan tantangan ini diselingi dengan tur kampus singkat di masing-masing kampus.

Pada hari berikutnya para mahasiswa baru melaksanakan mentoring secara daring terkait tiga topik utama di antaranya Urgensi Perubahan Progresif, Kebebasan yang Bertanggung Jawab dan Langkah Pengembangan Diri. Topik-topik ini disampaikan dengan tujuan bisa membekali mereka untuk berkembang di kampus.

Puncak acara OSKM ITB yakni di hari keempat sebagai penutupan serangkaian acara OSKM tahun ini. Pada hari terakhir ini menghadirkan Sabda PS selaku CEO Zenius Education yang merupakan alumni Teknik Informatika ITB. Gelar wicara yang dibahas berkenaan tentang “Kontribusi Membangun Indonesia”.
Rangkaian acara OSKM ITB 2022 berlangsung meriah di tengah keterbatasan masa adapati kenormalan baru. Selain acara inti, terdapat juga momen memperkenalkan himpunan-himpunan kemahasiswaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan beberapa penampilan lainnya.

“Setelah mengikuti OSKM, saya berharap mahasiswa baru dapat semangat dalam berkemahasiswaan di ITB. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa menyadari peran mereka sebagai seorang mahasiswa di mana mereka harus memiliki rasa senantiasa ingin mengembangkan diri. Di ITB terdapat banyak wadah untuk menampung bakat dan passion dari mahasiswa, salah satunya ada pada KM ITB,” ucap Ketua OSKM ITB 2022, Manav Hardinata Jamaddhiha N.

Reporter: Lukman Ali (Teknik Mesin/FTMD, 2020)

Foto: Lukman Ali


scan for download