ITB dan eWideplus Kerja Sama Kembangkan AI untuk Sistem Keuangan

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung resmi menjalin kerja sama dengan eWideplus Corp., Korea Selatan terkait kegiatan riset dan pengembangan kecerdasan buatan untuk sistem keuangan. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara ITB dan eWideplus oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., dan CEO eWideplus Hyoukjun Jang, di Aula Gedung Science and Techno Park (STP) Ganesha ITB, Senin (6/2/2023).

eWIDEPLUS Corp adalah perusahaan konvergensi digital asal Korea Selatan yang punya spesialisasi dalam bisnis global, keuangan, dan lingkungan. Dalam sambutannya, Prof. Wenten mengatakan terima kasih kepada eWideplus karena telah memberikan kepercayaan kepada ITB untuk melakukan penelitian bersama, yang didukung oleh Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi, Korea.

ITB terkenal dengan keunggulan riset di berbagai bidang artificial intelligence (AI), machine learning, dan teknologi baru. Sementara itu, eWideplus memiliki pengalaman dalam mengembangkan aplikasi dan sistem terpusat untuk proyek teknologi finansial global termasuk perbankan dan manajemen aset.

"Dengan tujuan mengembangkan sistem transaksi terdesentralisasi, eWideplus akan berkolaborasi dengan ITB, yang memiliki kemampuan untuk melakukan semua kegiatan penelitian dan pengembangan yang diperlukan, termasuk pengembangan, pengujian, dan pembuatan prototipe," kata Prof. Wenten.

Penelitian bersama akan melibatkan pertukaran materi akademik dan akan dilakukan di the eWideplus Global R&D Collaboration Center in Korea. "Jika diperlukan, peneliti dari ITB dapat mengunjungi eWideplus Korea untuk kemudahan pengembangan," jelasnya.

"ITB akan bekerja sama dengan eWideplus sebagai peneliti dan engineer, dengan fokus pada pengembangan teknologi AI global," tambah Prof. Wenten.

Sementara itu, CEO of eWideplus Corp, Jang Hyouk Jun juga menyampaikan terima kasih kepada ITB atas kerja sama yang telah dijalin. Ia berharap semoga kolaborasi dengan ITB dapat menghasilkan manfaat bagi kedua belah pihak.


scan for download