Sekolah Farmasi ITB dan PT Inovasi Alam Nusantara Tanda Tangani MoU Kerja Sama Penelitian dan Pengembangan Kosmetik

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id – Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Inovasi Alam Nusantara, di Auditorium CC Timur ITB, Selasa (14/11/2023). Hal tersebut sebagai wujud peningkatan kolaborasi Sekolah Farmasi ITB di tingkat nasional dengan mitra dalam negeri di bidang penelitian dan pengembangan kosmetik.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Dekan Sekolah Farmasi ITB, Prof. apt. I Ketut Adnyana, M.Si., Ph.D. dan co-founder PT. Inovasi Alam Nusantara yang salah satu wujudnya From This Island, Maudy Ayunda.
Kerja sama tersebut bertujuan memajukan pendidikan dan penelitian kefarmasian di Indonesia, khususnya di bidang kosmetik. Dengan adanya kerja sama ini, kelak pengembangan kosmetik akan melibatkan para peneliti dari Sekolah Farmasi ITB.

Peran peneliti sangat penting untuk membuktikan berbagai klaim khasiat dari banyaknya bahan alam Indonesia untuk industri kosmetik. Dengan demikian, bahan alam Indonesia yang telah diteliti dan memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk kosmetik dengan teknologi unggul, akan menghasilkan produk terpercaya dan bermanfaat bagi konsumen, baik nasional maupun global.

   

Setelah penandatanganan MoU oleh kedua belah pihak, diadakan pula kuliah tamu dengan pembicara Maudy Ayunda, B.A, M.A, M.B.A. dan Head of Research & Extract dari From This Island Erna Subroto, Ph.D, yang dimoderatori Kepala Program Studi Sains dan Teknologi Sekolah Farmasi ITB, Dr. rer. nat. apt. Rachmat Mauludin, S.Si., M.Si.

Kuliah tamu tersebut berjudul "Challenges in Natural Ingredient Development for Cosmetic Application". Dalam kesempatan tersebut dibahas mengenai tantangan pengembangan produk kosmetik menggunakan bahan alam yang aman, berkualitas, dan memiliki khasiat yang terbukti secara ilmiah. Tantangan lainnya, yakni dalam hal eksplorasi serta menjamin ketersediaan dan standar mutu bahan baku yang berasal dari alam yang menjadi identitas beragam pulau yang ada di Indonesia. Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 130 mahasiswa dan dosen Sekolah Farmasi.

Adapun PT. Inovasi Alam Nusantara adalah perusahaan yang memproduksi produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alam lokal dari berbagai pulau di Indonesia. Misinya, mengangkat potensi sumber daya alam yang berlimpah di Indonesia juga mendukung ekosistem lingkungan yang berdampak positif bagi alam Indonesia.

Salah satu brand produknya, From This Island, telah mengeluarkan 4 produk perawatan kulit, menambah daftar kosmetik tradisional Indonesia yang telah digunakan ratusan tahun secara empiris dan mencerminkan kekayaan alam Indonesia.

From This Island mengangkat berbagai kekayaan alam Indonesia seperti buah merah Papua, teh hitam, buah manggis, dan jambu biji. Dari setiap produk yang dihasilkan akan memberikan keuntungan kepada petani lokal yang menghasilkan bahan baku tersebut.

   

“Misi From This Island tentunya sejalan dengan misi serta kapabilitas SDM Sekolah Farmasi ITB dalam mengembangkan produk kosmetik dengan bahan alam yang berkualitas serta mendukung produk asli buatan dalam negeri,” tutur Kepala Laboratorium Kosmetik Inovasi Sekolah Farmasi ITB, apt. Defri Rizaldy, S.Farm., M.Si., Ph.D.

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download