Suguhkan Ide Iklan Kreatif, Tim Mahasiswa ITB Terima Gold Event di Ajang Citra Pariwara 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Tim yang terdiri dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mengukir prestasi pada ajang Citra Pariwara 2023, yang merupakan festival penghargaan periklanan nasional yang diadakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jaya.

Kedua mahasiswa tersebut berasal dari jurusan Desain Komunikasi Visual ITB, yakni Angelica Ratih Rahardjo dan Attin Rizqita Iffada. Mereka berhasil menyabet gold event pada kategori BG Award 2023.

Citra Pariwara 2023 mengusung tema ”Ingenious & Contagious: The Rise of the Next Creative Herd” yang mendorong lahirnya generasi baru yang kreatif di industri periklanan. Tahun ini adalah tahun ke-16 di mana Citra Pariwara menyelenggarakan BG Award, yakni suatu kompetisi cipta iklan antar siswa atau mahasiswa dari berbagai institusi pendidikan se-Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk mengukur tingkat kreativitas para siswa maupun mahasiswa, khususnya yang tertarik pada bidang periklanan.

Attin mengatakan bahwa proses persiapan lomba tersebut cukup singkat mereka lakukan. “Pengerjaan lomba hanya diberi waktu 2 hari setelah brief dari Citra Pariwara dirilis. Selama 2 hari itu, Aku dan partner banyak menghabiskan waktu bersama untuk memahami brief, brainstorming, dan memecahkan persoalan dari brief yang kami dapat,” ucapnya.

Banyak suka dan duka yang mereka lalui selama proses pengerjaan lomba yang singkat tersebut, “Mulai dari susahnya mencari big idea yang ideal dan rasa deg-degan ketika waktu pengumpulan sudah dekat namun banyak yang masih harus kami kerjakan,” ungkap Attin.

Setelah pengumpulan karya, mereka menjadi salah satu dari 10 finalis BG Award. Mereka kemudian mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk presentasi final.

“Selama presentasi, kami menampilkan berbagai gimmick yang mendukung materi, salah satu gimmick tersebut adalah lomba makan kerupuk di tengah-tengah presentasi,” tutur Attin.

Meskipun terdengar unik, namun hal tersebut menurutnya ternyata cukup menghibur juri selama mereka mempresentasikan idenya.

Setelah presentasi, finalis BG Award diundang untuk mengikuti rangkaian acara awarding night pada Kamis- Jumat (7-8/12/2023) di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali.

Selama 2 hari acara di Bali, mereka berfokus untuk belajar banyak hal dari seminar bersama pembicara hebat di bidangnya. Mereka juga banyak bertukar pikiran dan berdiskusi dengan petinggi-petinggi perusahaan iklan dan ahli periklanan

Puncak acara terjadi saat pengumuman pemenang, di mana nama tim mahasiswa ITB dipanggil sebagai pemenang gold BG Award 2023. Attin mengaku awalnya tidak menyangka bahwa mereka akan mendapatkan penghargaan tersebut.

“Hal yang tidak terbayangkan sama sekali bagi kami, membuat kami begitu terkejut dan senang. Kami pun merasa bersyukur dapat membawa pulang oleh-oleh yang sudah lama dinantikan,” ungkapnya.

Attin berpesan agar semakin banyak teman-teman Komunikasi Visual Periklanan (KVP) ITB pada khususnya dan teman-teman mahasiswa pada umumnya yang turut berpartisipasi dalam berbagai ajang perlombaan. Baginya, pengalaman yang diperoleh selama kompetisi adalah penghargaan yang paling berharga.

Reporter : Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download