WRAM ITB Ajak Semangat Kolaboratif dalam PMB Program Pascasarjana dan Profesi Semester I TA 2024/2025

Oleh Erika Winfellina Sibarani - Mahasiswa Matematika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana dan Profesi Semester I TA 2024/2025 secara luring di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB, Jumat (15/8/2024).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM), Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., mengucapkan selamat kepada semua mahasiswa yang diterima pada Program Pascasarjana dan Profesi. “Selamat datang di ITB, salah satu kampus terbaik di Indonesia. Selamat memulai perjalanan sebagai mahasiswa untuk mempersiapkan diri menuju karier yang cemerlang di masa mendatang,” ujarnya.

Beliau mengatakan, pada tahun ajaran kali ini, tercatat ada 1.373 mahasiswa program magister, 130 mahasiswa program doktor, dan 196 mahasiswa program profesi, baik profesi apoteker maupun profesi keinsinyuran. “Untuk program magister, usia rata-rata 26 tahun, yang termuda 19 tahun, dan yang paling tua, yang ingin belajar sepanjang hayat yaitu 68 tahun,” katanya.

Prof. Jaka mengatakan bahwa pendidikan pascasarjana adalah pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap akademik. Sikap yang dimaksud adalah mampu meneliti secara mandiri dan mampu memberi sumbangan yang berarti kepada khazanah keilmuan seperti keilmuan teknik, desain, seni, dan humaniora.

   

Selain itu, beliau menyampaikan bahwa keberhasilan pendidikan, penelitian, dan publikasi yang bereputasi merupakan bentuk kolaborasi. “Mengusung semangat kolaboratif, ITB telah mengembangkan dan menerima mahasiswa magister program multidisiplin, program yang kita desain untuk mengikuti perkembangan zaman dan menuntut kolaborasi lintas disiplin. Multidisiplin merupakan cara pandang baru untuk menyelesaikan masalah tertentu secara bersama-sama melalui kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan ini menjadi cara kita adaptif dan fleksibel menghadapi tantangan zaman,” ujarnya.

Prof. Jaka berpesan kepada mahasiswa untuk menjadi sosok yang memberikan manfaat, memudahkan orang lain, dan senantiasa mau belajar. “Manfaatkan waktu pendidikan di ITB sebaik mungkin. Seraplah berbagai ilmu, inspirasi, dan pengalaman dari berbagai ‘mata air pendidikan’ yang ada di ITB untuk bekal Anda berkontribusi kelak di masyarakat,” katanya.

Reporter: Erika Winfellina Sibarani (Matematika, 2021)


scan for download