Alumni Teknik Kimia Angkatan 58 Beri Kontribusi bagi Pengembangan Pendidikan di ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id - Sekelompok alumni Teknik Kimia angkatan 58 Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan kunjungan ke ITB Innovation Park Bandung Technopolis di Kawasan Summarecon Gedebage Kota Bandung, ITB Kampus Ganesha, dan Gedung Rektorat, Rabu (4/9/2024).

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB, Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D., menyambut alumni ITB dalam kunjungan ke Science Techno Park ITB Innovation Park Bandung Technopolis.

Beliau mengatakan, gedung tersebut merupakan salah satu karya ITB bagi bangsa. Melalui fasilitas gedung ini, ITB dipercaya melakukan berbagai inovasi. Pendiri PT Summarecon Agung Tbk., Pak Soetjipto Nagaria, yang juga salah seorang alumni Teknik Kimia angkatan 58 ITB, turut berkontribusi dalam mendukung pembangunan fasilitas riset dan inovasi tersebut.

   

"Adanya gedung ini menjadi cikal bakal contoh bahwa Indonesia juga dapat berinovasi dan mempunyai teknologi sendiri melalui berbagai produk yang dihasilkan. Mudah-mudahan, apa yang kita lakukan di ITB Innovation Park Bandung Technopolis ini bermanfaat dan berdampak bagi bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Pendiri PT Summarecon Agung Tbk., Soetjipto Nagaria, mengatakan, kehadiran beliau bersama rekan-rekan alumni Teknik Kimia angkatan 58 tidak lain untuk melihat perkembangan terbaru dari almamater tercinta, salah satunya ITB Innovation Park Bandung Technopolis di kawasan Summarecon, Gedebage, Kota Bandung.

"Sebagai alumni yang menjadi bagian dari perkembangan ITB, suatu kebahagiaan bagi kami untuk menyaksikan langsung perkembangan ITB saat ini dan ke depannya. Pada tahun 2017 telah dihibahkan kepada ITB lahan tahap 1 seluas 6.027 m2 yang akan dilanjutkan dengan penyerahan tahap kedua sehingga total mencapai 1 hektare. Kemudian kami sangat bersyukur ITB Innovaton Park ditetapkan menjadi proyek staregis nasional pada tahun 2020 sehingga pembangunannya yang begitu megah dapat kita lihat pada 2024 ini," ujarnya.

Beliau mengatakan, turut bangga melihat gedung tersebut direncakan, didesain, dan dibangun dengan sangat baik dengan fasilitas yang modern dan canggih. "Saya percaya tentu tidaklah mudah dalam mewujudkan rencana ini. Untuk itu, saya mengucapkan selamat kepada seluruh tim impelemntasi proyek ITB Innovation Park Bandung Technopolis. Besar harapan saya bahwa ITB Innovation Park Bandung Technopolis di Summarecon akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan teknologi tedepan untuk pembangunan bangsa Indonesia," ujarnya.

Setelah itu, rombongan yang terdiri atas Soetjipto Nagaria, Liliawati Rahardjo, Ir. Erly Anggrahini, Ir. Lanny Kusuma, Djie Kiong Hoo, Liem Seeng Djiang, Yang Chengrong, Tan Tjoan Gie, Tan Ong Tjie Lie, Tseng Pekka, Tseng Chin Tsao, Djuardi T. Adisesha, Hendayani T. Adisesha, Dr. Lina Yaurentius, dan Erita, mengunjungi Fakultas Teknologi Industri (FTI), tepatnya ke Labtek X Gedung Teknik Kimia dan Catalyst Teaching Industry atau Industri-Katalis Pendidikan. Di lokasi tersebut, pada hadirin melihat inovasi katalis merah putih hingga bensin sawit yang dikembangkan para peneliti dan dosen ITB.

Kunjungan dilanjutkan ke Gedung Rektorat ITB. Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyambut para alumni Teknik Kimia angkatan 58 ITB. Dalam kesempatan tersebut, Pak Soetjipto Nagaria, mengatakan, sangat senang karena bisa melihat langsung kondisi kampus ITB saat ini yang terus berkembang, semakin lengkap, dan semakin mendukung para mahasiswa dan dosennya untuk mengembangkan pendidikan yang berkualitas.

"Untuk itu, perkenankan kami atas nama sekelompok Alumni Angkatan 58 Teknik Kimia ITB dapat turut serta memberikan dukungan materi sebagai kontribusi kami kepada masa depan kampus ITB, terutama bagi Program Studi Teknik Kimia," ujarnya.

Adapun total dukungan materi tersebut sebanyak Rp500 juta yang secara simbolis diberikan oleh Pak Soetjipto Nagaria kepada Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D.

Pak Soetjipto Nagaria mewakili alumni Teknik Kimia angkatan 58 berharap ITB dapat terus berkembang serta hubungan yang baik antara sivitas akademika ITB dengan alumni dapat terus terjalin. "Semoga Tuhan terus memberikan berkah bagi ITB. Semoga ITB terus maju dan terus menjadi yang terdepan," ujarnya.


scan for download