ITB Terima Kunjungan dari Telkom Indonesia, Diskusi dan Rencana Kolaborasi

Oleh Yohana Aprilianna - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - PT Telkom Indonesia melakukan kunjungan dan diskusi bersama Institut Teknologi Bandung, Jumat (20/9/2024) di Ruang Rapim A, Rektorat ITB. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempererat hubungan kemitraan dengan ITB, khususnya dalam Information Learning Center.

Telkom Indonesia diwakilkan oleh Ricka Febriliantia (GM Reg Large Enterprise and Government Service), Ciput Gatot Agus Saksomo (SM Regional Solution and Operation), Sandi Fujiyana (Manager Regional Large Enterprise Sales), dan Muhamad Fariz Agung (Account Manager).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo (Sekretaris Institut) , Dr. Tutun Juhana, S.T., M.T. (Dekan STEI), Prof. Ir. Taufan Marhaendrajana, M.Sc., Ph.D. (Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi), Dr. Yuli Setyo Indartono (Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat), Mugi Sugiarto, S.Si., M.A.B. (Direktur Teknologi Informasi), Prof. Dr. Taufiq Hidayat (Kepala Biro Kemitraan), dan Alfend Rudyawan, Ph.D. (Biro Kemitraan).

“ITB ingin berkolaborasi di bidang industri dan bisnis. Ada kampus bisnis juga di Jakarta yang dapat menjadi tempat berlangsungnya pertemuan bisnis tersebut,” ucap Prof. Widjaja.

Prof. Taufiq memperkuat pernyataan tersebut dengan menyatakan bahwa ITB mengharapkan kolaborasi ini merambat ke ranah Research and Development (RnD) semaksimal mungkin.

Ricka menyambut baik harapan tersebut dengan menjelaskan bahwa terdapat juga program social project dengan masyarakat sebagai key point, dosen teknik lingkungan ITB pernah menerima penghargaan atas program tersebut.

“Layanan Telkom untuk ITB nantinya akan dipimpin oleh Account Manager, yang tidak lain merupakan alumni ITB juga,” ucapnya.

Sejak Juli 2023, Telkomsel berfokus kepada retail sedangkan Telkom akan merambat ke ranah B2B, salah satunya bermitra dengan ITB.

ITB juga mengharapkan adanya program magang dari Telkomsel untuk membuka kesempatan bagi mahasiswa menyelami dunia pekerjaan. Selain itu, Direktur Teknologi dan Informasi, Mugi Sugiarto, M.A.B., mengharapkan adanya pemerataan koneksi di ITB Jatinangor untuk mendukung aktivitas mahasiswa TPB di sana.

“Kami membuka peluang kolaborasi bersama teman-teman ITB, mungkin ada kapabilitas yang bisa dikembangkan untuk dibawa ke masyarakat, seperti teknologi dengan AI,” ujar Ricka.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download