Melangkah Lebih Jauh dengan SEG English Leap, Wadah Persiapan TOEFL/IELTS oleh SEG ITB

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

SEG ITB gelar SEG English Leap sebagai wadah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, Rabu (7/8/2024). (Dok. SEG ITB)

BANDUNG, itb.ac.id - Society of Exploration Geophysicists, Institut Teknologi Bandung (SEG ITB) menggelar "SEG English Leap", Rabu (7/8/2024). Acara ini dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para pengurus SEG ITB, terutama dalam lingkungan akademik dan profesional. SEG English Leap menjadi wadah yang sesuai bagi mereka yang ingin mempersiapkan diri menghadapi ujian bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS.

Kemampuan bahasa Inggris menjadi esensial di era globalisasi ini. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional sejak abad ke-18 dan berperan besar dalam pengembangan karier, terutama dalam skala internasional. Oleh karena itu, mengasah keterampilan bahasa Inggris sangat penting untuk komunikasi efektif di lingkungan profesional.

SEG ITB menggandeng TOEFL Warrior sebagai mitra dalam acara ini. TOEFL Warrior dikenal sebagai penyedia kursus TOEFL ITP, IBT, IELTS, serta tes resmi lainnya. Dengan adanya kerja sama ini, peserta mendapatkan kesempatan mempraktikkan lebih dari 15 soal hands-on TOEFL/IELTS dan juga mendapatkan wawasan berupa tips dan trik dalam percakapan bahasa Inggris.

TOEFL Warrior membagikan tips dan triknya dalam memahami bahasa Inggris. (Dok. SEG ITB)

Selama kegiatan, peserta diajak memahami berbagai jenis tes bahasa Inggris, seperti TOEFL dan IELTS. TOEFL ITP, misalnya, sering digunakan di negara-negara non-berbahasa Inggris dan mengukur kemampuan mendengarkan, membaca, serta grammar. Sementara itu, TOEFL IBT lebih sering digunakan untuk persyaratan masuk perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris, mengukur kemampuan membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Sementara itu, IELTS diterima luas untuk keperluan akademik dan imigrasi.

Kunci sukses dalam bahasa Inggris bukan hanya soal mendengar dan membaca, tapi juga bagaimana seseorang dapat berbicara dan menulis. Dalam acara ini, kami diajarkan pentingnya latihan berbicara dengan penutur asli, menulis secara rutin, dan memperluas kosakata.

SEG English Leap memberikan kesempatan bagi peserta untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam berbahasa Inggris, yang tentunya akan bermanfaat dalam karier di masa depan. Dengan strategi yang tepat dan panduan dari TOEFL Warrior, peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mempersiapkan diri untuk berbagai tes yang akan dihadapi.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download