ITB Integrated Career Days Oktober 2024, Persiapkan Peluang Karier yang Lebih Dinamis

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Direktorat Kemahasiswan dan ITB Career Center menyelenggarakan acara Titian Karier Terpadu (TKT) Oktober 2024, atau yang dikenal juga dengan Integrated Career Days pada Jumat-Sabtu (18-19/10/2024) di Aula Timur dan Campus Centre (CC) Timur, ITB Kampus Ganesha.

Agenda ini bertujuan untuk memperluas akses alumni serta mahasiswa terhadap peluang kerja dan pengetahuan mengenai bidang industri. Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan ITB, Hafiz Azis Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., menyampaikan bahwa acara ini tidak hanya dihadiri oleh alumni, tetapi juga mahasiswa aktif.

"Untuk itu, lokasi acara tahun ini digelar di kampus agar lebih mudah dijangkau oleh para mahasiswa," ujarnya.

Acara tersebut tidak hanya menyediakan platform bagi perusahaan-perusahaan untuk mencari tenaga profesional, namun juga memberikan wadah bagi mahasiswa ITB yang memiliki minat dalam berwirausaha. "Selain memberikan kesempatan interaksi langsung dengan perwakilan perusahaan, TKT juga memperkenalkan peluang karier di bidang kewirausahaan dengan menghadirkan beberapa startup binaan ITB," paparnya.

Selain itu, acara ini juga bekerja sama dengan mitra-mitra profesional yang menyediakan layanan konsultasi CV dan menghadirkan psikolog untuk membantu mahasiswa dan alumni dalam memahami orientasi karier masa depan mereka.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., dalam sambutannya menekankan pentingnya fleksibilitas kurikulum yang baru saja diperkenalkan oleh ITB tahun ini. Kurikulum tersebut dirancang untuk disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja yang terus berubah, terutama dengan perkembangan teknologi yang pesat.

"Kebutuhan dunia kerja saat ini sangat berbeda dari beberapa tahun lalu, dengan munculnya lapangan pekerjaan baru yang bahkan belum pernah dibayangkan sebelumnya," katanya.

“Kami berharap mahasiswa ITB tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki semangat dan kesiapan yang tinggi untuk beradaptasi di dunia industri," lanjutnya.

Beliau pun mengungkapkan bahwa berdasarkan data tracer study, sebanyak 76% alumni ITB bekerja di perusahaan besar, baik BUMN, BUMD, maupun perusahaan swasta. Untuk itu, ITB telah menyiapkan berbagai program yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Tidak hanya itu, ITB juga terus membangun karakter mahasiswa melalui berbagai program kemahasiswaan, dengan harapan menciptakan lulusan yang memiliki karakter AIR ITB, yakni Adaptif, Integritas, Rendah Hati, Inisiator Kebaikan, Tangguh Berjuang, dan Berprestasi.

Di sisi lain, Direktur Ditmawa ITB, D. Arch. Gregorius Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., juga mengapresiasi seluruh mitra yang telah mendukung TKT Oktober 2024. Dia menyampaikan bahwa pihak ITB terbuka menerima berbagai saran dan masukan untuk perbaikan di masa mendatang.

"Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat besar bagi semua peserta," pungkasnya.



Dengan demikian, Integrated Career Days ITB diharapkan tidak hanya menjadi ajang bagi mahasiswa dan alumni untuk mencari peluang karier, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran yang bermanfaat untuk menghadapi tantangan dunia kerja masa depan.

#integratedcareerdays #titiankarierterpadu #industri #enterpreneur