Program Reformasi Birokrasi dari Kemenpan RB Dapat Memantik Semangat Perubahan di ITB

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Reformasi birokrasi merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB). Program ini merupakan upaya untuk mencapai tata kelola yang baik (good governance) pada berbagai lembaga. Salah satunya adalah perguruan tinggi.

Pada 12 Agustus 2022, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB mengadakan sosialisasi Program Reformasi Birokasi. Dalam acara ini disampaikan berbagai hal administratif dan substantif dalam perencanaan dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di tingkat ITB dan di tingkat fakultas/sekolah.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Tim RB Dr. Dasapta Erwin Irawan, Sekretaris Tim Dr. Dina Anggreni Sarsito, serta Ketua Tim Zona Integritas (ZI) STEI yaitu Dr. Burhanuddin Halimi.

Menurut Dr. Dasapta, program seperti ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak dulu di ITB dengan nama yang berbeda. Program Akreditasi, Program Hibah Kompetitif (PHK), sertifikasi ISO, sebenarnya memiliki semangat mereformasi birokrasi.

Di ITB, Program RB dijalankan di tingkat pusat dan fakultas/sekolah (dengan nama ZI). Program ini melingkupi delapan area perubahan yaitu manajemen perubahan, akuntabilitas, sumber daya manusia, infrastruktur, dan lainnya.

Demi mewujudkan tujuan tersebut, maka program ini perlu melibatkan seluruh fakultas di ITB. STEI menjadi fakultas pelopor. Disusul kemudian oleh FTTM.

Sebagai ketua tim, Dr. Dasapta berharap agar Program RB dapat membuat atmosfer kampus yang menyenangkan bagi warganya. “Memantik semangat perubahan di bidang Tridharma adalah tugas setiap warga ITB, melalui upaya yang kecil sampai yang besar,” pungkasnya. Sosialisasi program ini sendiri akan terus dilakukan melalui berbagai media dan kegiatan.

Reporter: Tarisa Putri (Teknik Kimia 2019)


scan for download