Dies Emas ITB: Menarik Perhatian Pengunjung Melalui Stand Pameran dan Presentasi

Oleh kikywikantari

Editor kikywikantari

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka Dies Emas ITB, diadakan open house berupa pameran stand-stand tiap fakultas/sekolah di ITB, kantor-kantor pimpinan ITB, unit-unit kerja di ITB dan presentasi fakultas/sekolah pada tanggal 27 Februari - 1 Maret 2009 di Aula Barat dan Aula Timur ITB. Di setiap stand terdapat penjelasan-penjelasan mengenai program studi (prodi) tiap fakultas/sekolah dan penjelasan mengenai unit-unit kerja di ITB. Sedangkan, presentasi diperuntukkan bagi pengunjung yang mayoritas masih duduk di bangku SMA, berlangsung di Aula Barat ITB, merupakan wadah sosialisasi tentang keilmuan dan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang dilakukan masing-masing fakultas/sekolah.
Lokasi pameran sains, teknologi dan seni terbagi menjadi dua, di Aula Barat dan Aula Timur ITB. Di Aula Barat terdapat stand pameran dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Ilmu dan Teknologi Bumi (FITB), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Farmasi (SF), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH). Untuk kantor-kantor pimpinan dan unit-unit kerja di ITB, terdapat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Majelis Guru Besar (MGB), Satuan Kekayaan dan Dana (SKD), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WRMA), Balai Penelitian (BP), Satuan Penjamin Mutu (SPM), Rektorat ITB dan Sarana dan Prasarana (SarPras).

Sedangkan, di Aula Timur terdapat stand pameran Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Sekolah Bisnis dann Manajemen (SBM), Sekolah Arsitektur dan Perencanaan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Sekolah Pascasarjana (SPS). Untuk stand lainnya, terdapat stand Unit Sumber Daya dan Informasi (USDI), Unit Penyelenggara Teknis (UPT), Pojok Konseling, dan lain-lainnya.

Di stand FTMD, terdapat model pesawat WiSe Craft hasil pengembangan teknologi bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Selain itu, pengunjung juga dapat memainkan simulator pesawat WiSe Craft yang dapat dikendalikan oleh pilot dan co-pilot dengan joystick. Di stand SF, terdapat alat pembuat tablet secara manual. Di stand FITB, terdapat simulator gempa yang terbuat dari kotak kaca sederhana dan pasir tiup berwarna. Di stand FMIPA, terdapat teropong bintang yang dijadikan properti pameran, sedangkan di stand SITH terdapat alat fermentasi buatan dan produk-produk hasil riset berupa cendawan yang dikemas dalam bentuk teh seduh, kapsul dan sirup untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beralih ke Aula Timur, dapat dilihat karya-karya mahasiswa FSRD berupa kursi rotan dengan berbagai bentuk futuristik dan hasil kerajinan tangan lainnya, di stand SAPPK dipamerkan maket-maket hasil karya studio mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota serta mahasiswa Arsitektur.

Peletakan denah stand pameran yang teratur membuat pengunjung nyaman tidak hanya berpusat pada satu tempat. Penjelasan yang lengkap pada tiap standing partition yang dipajang, cukup memenuhi kebutuhan informasi pengunjung. Pengunjung yang mayoritas masih duduk di bangku SMA mengaku puas dengan open house ITB kali ini. "Saya jadi terbayang kalau mau masuk jurusan ini, nanti kerjanya ngapain saja. Saya jadi semakin ingin masuk ITB," jawab Kanagia (siswi SMA 8 Bandung) ketika diwawancara oleh Kantor Berita.

scan for download