Menyingkap Dunia RNA: Peran Pentingnya dalam Biologi dan Perkembangan Terbaru

Oleh Hafsah Restu Nurul Annafi - Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Magister Bioteknologi, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) menyelenggarakan seri diskusi keempat dalam rangkaian acara Biotech Fair 2024. Kali ini, acara bertajuk "RNA Biology" menghadirkan pembicara terkemuka, Prof. Tamas Dalmay dari University of East Anglia, United Kingdom, yang secara daring membedah topik seputar dunia RNA.

Diskusi ini berlangsung secara daring melalui Zoom, Senin (20/5/2024). Prof. Dalmay, ahli biologi molekuler dengan fokus pada mekanisme RNA interference dan gen silencing, berbagi pengetahuannya mengenai peran penting RNA dalam berbagai proses biologis.

Beliau menjelaskan berbagai jenis RNA, khususnya small RNA seperti micro RNA dan small interfering RNA (siRNA).Small RNA memiliki peran vital dalam regulasi ekspresi gen. RNA ini terlibat dalam berbagai proses biologis, mulai dari perkembangan embrio hingga respons terhadap stres.

Salah satu poin penting yang dibahas adalah identifikasi dan pengurangan bias dalam proses pembangkitan library small RNA. Prof. Dalmay menjelaskan tantangan dalam melakukan analisis small RNA dan bagaimana teknologi next-generation sequencing (NGS) memungkinkan peneliti untuk menganalisis jutaan molekul RNA sekaligus. Namun, beliau mengingatkan bahwa platform NGS memiliki potensi bias dalam mengidentifikasi urutan tertentu.

   

Melalui pendekatan yang inovatif, Prof. Dalmay dan timnya mengembangkan metode meminimalkan bias tersebut dengan menggunakan oligonukleotida degeneratif. Metode ini memungkinkan analisis yang lebih komprehensif dan akurat mengenai komposisi small RNA dalam suatu sampel.

Prof. Dalmay juga membahas tentang struktur sekunder RNA dan bagaimana struktur ini memengaruhi fungsi RNA. RNA memiliki kemampuan untuk berikatan dengan molekul lain, termasuk dengan dirinya sendiri, membentuk struktur sekunder yang kompleks. “Struktur ini memainkan peran penting dalam berbagai fungsi RNA, seperti mengikat protein dan mengendalikan ekspresi gen,” tuturnya.

Diskusi "RNA Biology" merupakan salah satu upaya Prodi Magister Bioteknologi SITH ITB untuk memperkaya wawasan dan meningkatkan pemahaman mengenai perkembangan terkini di bidang bioteknologi, khususnya dalam bidang RNA. Acara ini diharapkan dapat menginspirasi para peneliti muda untuk lebih aktif dalam melakukan penelitian dan pengembangan di bidang RNA.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download