Peringatan 104 Tahun PTTI, ITB Anugerahkan 12 Penghargaan untuk Insan Berprestasi

Oleh Anggun Nindita

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka memperingati 104 tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia (PTTI), Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan penghargaan kepada 12 insan atau lembaga atas prestasi, jasa, dan kontribusinya kepada pengembangan IPTEKS.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dalam Sidang Terbuka Peringatan 104 Tahun PTTI pada Rabu (3/7/2024) di Aula Barat, ITB Kampus Ganesha, Bandung.

Terdapat lima kategori penghargaan, yaitu Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama, Ganesa Widya Jasa Adiutama, Ganesa Widya Jasa Utama, Ganesa Wirya Jasa Utama, dan Ganesa Widya Jasa.

Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo dalam pengantar pemberian penghargaan menyampaikan selamat atas nama Institut Teknologi Bandung kepada para penerima penghargaan.

“Semoga, penghargaan ini dapat mendorong kemajuan pendidikan tinggi teknik lebih jauh lagi serta memotivasi kita semua untuk semangat terus menorehkan prestasi dan berkontribusi bagi perguruan tinggi teknik di Indonesia,” ujarnya.

Daftar Penerima Penghargaan


1. Dr. (H.C.) Ir. H. Suharso Monoarfa
Penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama untuk jasa dan pengabdian yang menonjol selama menjabat sebagai Menteri Kabinet RI.

2. Dr. Ir. Suyus Windayana, M.App.Sc.
Penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama untuk kontribusi dalam tata kelola pertanahan di Indonesia.

3. Prof. Hideki Shimada
Penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama untuk membuka pintu kerja sama jangka panjang antara ITB dengan Kyushu University, Jepang.

4. Komite Nasional Keselamatan Transportasi
Penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama untuk mengembangkan kepakaran terkait penyelidikan kecelakaan transportasi secara objektif.

5. Dipl. -Ing. Putu Gde Wanya
Penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama untuk merintis penguasaan teknologi manufaktur desain dan pemasangan crane yang meningkatkan nilai tambah industri Indonesia.

6. apt. Audrey Clarissa, S.Si.
Penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama untuk peran aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan, riset, dan inovasi di bidang farmasi.

7. PT Meprofarm Pharmaceutical Industries
Penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama untuk mengembangkan IPTEKS dan inovasi di bidang produk sediaan farmasi.

8. PT Astra Agro Lestari Tbk.
Penghargaan Ganesa Widya Jasa Utama untuk merintis kerja sama dengan SITH yang berorientasi pada pengembangan rekayasa hayati (bioengineering).

9. USAID Indonesia
Penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama untuk mendukung pengembangan institusi ITB.

10. Filda Citra Yusgiantoro, S.T., M.B.M., M.B.A., Ph.D.
Penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama untuk banyak partisipasi dalam pengembangan penelitian, pendidikan, dan infrastruktur di ITB.

11. Ir. Ricardo Irwan Rei, M.Sc., MBA
Penghargaan Ganesa Wirya Jasa Utama untuk kontribusi signifikan dalam pengembangan Sistem Manajemen Pegawai ITB selama periode 2020-2024.

12. Ir. Teddy Sutadi Kardin
Penghargaan Ganesa Widya Jasa untuk mempopulerkan ilmu geologi tidak hanya di dunia geologi namun juga di dunia militer (geomiliter).

Peringatan ini bukan sekadar perayaan, tetapi dapat menjadi momen refleksi penting terkait kontribusi sivitas akademika yaitu dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikan ITB dalam perjalanan panjang selama ini. Harapannya adalah agar ITB dapat menjadi bagian dari solusi persoalan bangsa dan negara serta sekaligus menjadi tempat berkarya yang baik.

Reporter : Stefany Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download