Mahasiswa ITB Juara 1 Lomba Podcast Nasional Party of Public Relations (POP) 2024 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Oleh Angra Eni Saepa - Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Di era digital ini, podcast telah menjadi platform yang digemari banyak orang untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Tak ketinggalan, para mahasiswa pun mulai memanfaatkan platform ini untuk berbagi suara, ide, dan pengalaman mereka.

Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam tim Ngoper Bekel (Ngobrol Penuh Riang Bersama Benny, Eunike, dan Excel), Benedictus Alfian Wibisono (1742272), Eunike Vivian Amelia (15322088), dan Inigo Excello Wibisono (15022051) menyuarakan ide mereka melalui lomba podcast tingkat mahasiswa yang diselenggarakan pada tanggal (30/5/2024).

Lomba Podcast Nasional Party of Public Relations (POP) 2024 merupakan lomba podcast tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Public Relations UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan tema β€œEnvironmental Education Strategic : Voice for the Earth.”

Pada perlombaan tersebut, mereka mengangkat isu terkait persampahan yang dihasilkan dari aktivitas manusia dan dampaknya bagi lingkungan seperti pemanasan global.

β€œIsu yang kami angkat adalah seputar persampahan dan masalah-masalah yang berpotensi ditimbulkan, termasuk global warming akibat gas metana dari hasil pembusukan sampah organik dan kaitannya dengan kejadian terbakarnya TPS Sarimukti pada Agustus 2023 lalu,” ungkap Ketua Tim, Benedictus Alfian Wibisono.

Selain menjelaskan isu dan dampak dari persampahan, mereka juga memberikan solusi berupa langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menangani sampah. Solusi tersebut melibatkan generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Tantangan yang mereka hadapi selama mempersiapkan lomba podcast ini adalah kesulitan menetapkan jadwal dan waktu yang tepat untuk brainstorming ide. Mereka menjelaskan jika masing-masing anggota memiliki kesibukan tersendiri. Selain itu, hal teknis seperti pengoperasian kamera, video editing dan shooting menjadi tantangan tersendiri yang pada akhirnya berhasil mereka atasi.

Mereka berharap jika karya yang mereka ciptakan dapat tersampaikan kepada masyarakat dan memiliki nilai manfaat. Kedepannya, mereka juga ingin mengasah kemampuan skill podcast dan mengikuti lebih banyak perlombaan berbentuk podcast.

Reporter: Angra Eni Saepa (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download