Timur Jauh Berkurban, Partisipasi 5 Hima ITB Pererat Silaturahmi

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Perwakilan mahasiswa dari lima himpunan di Timur Jauh ITB mengadakan kegiatan Timur Jauh Berkurban di Kabupaten Garut, Senin (17/6/2024). (Dok. Partisipan Timur Jauh Berkurban)

GARUT, itb.ac.id - Dalam rangka menyambut Iduladha 1445 Hijriah, lima himpunan mahasiswa di Timur Jauh Institut Teknologi Bandung (ITB) turut berpartisipasi dengan mengadakan kegiatan Timur Jauh Berkurban, di Tempat Kurban Kang Ded, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Senin (17/6/2024). Kelima himpunan yang terlibat, antara lain HMTG “GEA” ITB, HMT ITB, HMTM “PATRA” ITB, HIMA TG “TERRA” ITB, dan IMMG ITB.

Kegiatan Timur Jauh Berkurban dilatarbelakangi oleh pemenuhan kegiatan pengabdian masyarakat berupa community service dan/atau community development. Program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekaligus mempererat tali silaturahmi antar himpunan di Timur Jauh ITB.

Kegiatan ini berupa serah terima hewan kurban kepada panitia pelaksana kurban di Garut. Selain itu, acara ini menjadi wadah berkumpul dengan massa perwakilan dari keempat himpunan di Timur Jauh. Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat BPH HIMA TG “TERRA” ITB, Najwan Sahasika Garnadi, mengatakan, "Dari himpunan kami ada menyumbangkan hewan kurban berupa 2 kambing dan 1 sapi yang merupakan hasil urunan bersama dari 7 alumni FTTM, dua di antaranya berasal dari himpunan kami.”

Koordinasi kegiatan ini banyak dilakukan oleh Fajar Fariz Fadholi, anggota HMT ITB yang mengoordinasikan seluruh persiapan. Dana yang dikumpulkan untuk kegiatan ini sebagian besar berasal dari sumbangan alumni dan dana himpunan, terutama dari HMT-ITB yang menggunakan hasil pendanaan dari acara Indonesian Students Mining Competition (ISMC). Partisipasi dan dukungan dari alumni menjadi salah satu kunci sukses terselenggaranya kegiatan ini.

Penyerahan hewan kurban oleh salah seorang perwakilan himpunan Timur Jauh. (Dok. Partisipan Timur Jauh Berkurban)

Kegiatan Timur Jauh Berkurban tidak hanya menjadi momen untuk berbagi, tetapi juga mempererat silaturahmi antar anggota himpunan dan alumni. "Kegiatan ini tentunya sangat positif. Kami bisa berkenalan langsung dengan Kang Ded dan bisa bercengkrama langsung dengan keluarganya. Harapannya, tali silaturahmi ini tidak terputus," kata Najwan.

Perjalanan menuju Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, tidaklah mudah. Jarak tempuh dari Bandung mencapai hampir 6 jam, namun hal ini tidak mengurangi semangat para peserta berpartisipasi dalam kegiatan. Perjalanan yang menantang ini justru menjadi salah satu pengalaman berharga yang menambah kebersamaan dan solidaritas antar himpunan.

Dengan terlaksananya kegiatan Timur Jauh Berkurban, diharapkan hubungan antar himpunan di Timur Jauh ITB semakin erat dan solid. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk lebih aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan Timur Jauh Berkurban merupakan wujud nyata dari semangat berbagi dan kepedulian sosial mahasiswa ITB terhadap masyarakat.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download