ITB dan Kamindo Gelar ICONMAA 2024, Menguatkan Kolaborasi dalam Analisis Matematika

Oleh Iko Sutrisko Prakasa Lay - Mahasiswa Matematika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi tuan rumah The International Conference in Mathematical Analysis and Its Applications (ICONMAA) 2024, yang berlangsung pada Rabu (31/7/2024) hingga Jumat (2/8/2024) secara paralel daring dan luring di Gedung CRCS dan CAS, ITB Kampus Ganesha. ICONMAA 2024 bertujuan menyatukan para ahli dalam bidang analisis matematika dan aplikasinya, serta membuka ruang diskusi dan pertukaran informasi yang dapat mendorong kolaborasi penelitian lebih lanjut.

Konferensi ini digelar oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB) yang bekerja sama dengan Komunitas Analisis Matematika Indonesia (Kamindo).

Ketua Pelaksana ICONMAA 2024, Drs. Yudi Soeharyadi, M.Si., Ph.D., menyampaikan terima kasih kepada para pembicara, undangan, serta seluruh peserta yang berkontribusi menyukseskan acara tersebut. Konferensi ini dihadiri oleh 167 peserta dengan 132 peserta sebagai pembicara. Sekitar 30% dari pembicara melakukan presentasi secara daring dari sembilan negara. 

“Ini adalah pertemuan (dengan topik) analisis yang terbesar yang ada selama ini. Kita ingin punya peta analisis di dunia dan terus memperbaharui dengan siapa saja kolaborator baru kita di luar. Saya senang bahwa yang presentasi ini 55% itu mahasiswa. Artinya kita punya 'bala tentara' yang muda yang semangat, itu yang penting,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kamindo, Prof. Dr. Christiana Rini Indrati, M.Si., menyampaikan rasa syukurnya atas digelarnya ICONMAA. Konferensi ini bertujuan memperkenalkan bidang matematika analisis dan aplikasinya serta memberikan pengalaman matematika bagi mahasiswa. Beliau berharap ICONMAA dapat bermanfaat dalam mengembangkan penelitian dan dapat memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran serta menciptakan penelitian kolaboratif.

Selain sesi plenary lecture yang disampaikan pakar di bidangnya, konferensi ini mencakup sesi parallel session yang menghadirkan pembicara dengan topik-topik lebih spesifik. Konferensi ini tidak hanya menjadi ajang pertukaran ilmu pengetahuan, tetapi juga sarana untuk memahami lebih jauh peta analisis matematika di Indonesia dan kolaborator internasional dalam memajukan ilmu pengetahuan khususnya analisis matematika.

ICONMAA 2024 menyatukan akademisi dan peneliti dari berbagai latar belakang untuk berbagi pengetahuan dan tantangan, juga membuka peluang untuk kolaborasi baru yang akan memperkaya penelitian dan pendidikan di bidang analisis matematika.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat membawa wawasan baru, ide-ide inovatif, serta semangat untuk melanjutkan penelitian dan kolaborasi yang bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia dan dunia.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download