Daftar Pemenang Good Housekeeping 2024 untuk Sustainable and Green Campus ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan pelaksanaan Instruksi Rektor No. 381/IT.A/HK.01/2023 tentang Pengelolaan Sampah di lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB), Direktorat Sarana dan Prasarana ITB menyelenggarakan Evaluasi Penatalaksanaan Rumah Tangga (Housekeeping) menuju Sustainable and Green Campus di antara Unit Kerja Akademik (UKA) dan Unit Kerja Pendukung (UKP) di ITB.

Sustainable and Green Campus yang diterapkan ITB menjadi upaya perubahan positif dalam hal berkelanjutan sekaligus memberikan peluang kepada sivitas akademika untuk memahami, mengembangkan, dan menerapkan solusi-solusi berkelanjutan dalam operasional kampus dan kehidupan sehari-hari demi melestarikan lingkungan.

Direktur Direktorat Sarana dan Prasarana ITB, Prof. Dr. Herto Dwi Ariesyady, S.T., M.T., mengatakan, penyelenggaraan tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Juli sampai dengan 14 Agustus 2024.

Adapun komponen penilaian kegiatan tersebut meliputi:

1. Pengelolaan sampah, kebersihan, kerapian, dan keindahan lingkungan yang mencakup area dalam ruangan dan luar ruangan serta sekitar masing-masing unit kerja;

2. Upaya sosialisasi/edukasi dan penerapan sustainable and green campus (di antaranya meliputi pemilahan sampah, penghematan air, listrik, kertas, dll), termasuk aspek penganggaran, organisasi pengelola/pelaksana dan instrumen peraturan internal.

"Pada tahun ini, selain penentuan juara 1, 2, dan 3 dari masing-masing UKA dan UKP, juga dinilai UKA dan UKP yang telah menunjukkan usaha terbaik untuk meningkatkan kualitas housekeeping dibandingkan tahun sebelumnya," ujar beliau, di Aula Barat, ITB Kampus Ganesha, Senin (19/8/2024).

Dari kunjungan lapangan dan penilaian portofolio yang dilaksanakan oleh panitia, pemenang lomba Housekeeping ITB tersebut adalah:

Kategori UKA:

Juara 1: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

Juara 2: Fakultas Teknologi Industri (FTI)

Juara 3: Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

The Best Effort: Sekolah Farmasi (SF)

Kategori UKP:

   

Juara 1: Direktorat Penerapan Imu dan Teknologi Multidisiplin (DPITM)

Juara 2: Direktorat Kepegawaian

Juara 3: Biro Administrasi Umum dan Informasi

The Best Effort: Direktorat Pendidikan Non Reguler

Lomba Housekeeping ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga menjadi ajang untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan dalam pengelolaan lingkungan. Penghargaan ini merupakan apresiasi atas upaya dan dedikasi seluruh pihak yang terlibat dalam menciptakan lingkungan kampus yang bersih dan nyaman.


scan for download