Seminar Nasional ITB-MTI: Kolaborasi Kunci Sukses Pengembangan Transportasi Umum

Oleh Anggun Nindita -

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui National Center for Sustainable Transportation Technology dan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengadakan Seminar Nasional 2024 "Arah Kebijakan Transportasi Nasional dan Penguatan Angkutan Umum Perkotaan di Indonesia", Senin (14/10/2024) di Aula Barat, ITB Kampus Ganesha, Bandung.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB, Prof. Edwan Kardena, Ph.D.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB, Prof. Edwan Kardena, Ph.D. yang menekankan pentingnya penguatan transportasi umum dalam mengintegrasikan wilayah perkotaan.

Beliau menyatakan bahwa penguatan transum meningkatkan konektivitas dan memiliki dampak signifikan terhadap penguatan perekonomian. "Angkutan umum dapat semakin menguatkan perekonomian masyarakat dengan mengintegrasikan satu wilayah dengan wilayah lain di perkotaan," ujarnya.

Prof. Edwan pun menyoroti masalah kemacetan yang masih menjadi tantangan utama di sejumlah kota besar. "Perkotaan di Indonesia banyak yang macet. Maka kita masih menunggu kebijakan dari pusat mengenai transum dan siap berkolaborasi untuk hal ini," tuturnya.

ITB pun melalui National Center for Sustainable Transportation Technology yang terus berupaya menawarkan solusi transportasi berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Perhubungan RI, Dr. (H.C). Ir. Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Dr. (H.C). Ir. Budi Karya Sumadi menyampaikan mengenai pentingnya kolaborasi guna mendorong perkembangan angkutan umum perkotaan yang terintegrasi. Menurutnya, kebijakan yang dicanangkan pemerintah pusat harus didukung oleh pelaksanaan yang baik di tingkat daerah serta kesadaran dari masyarakat.

"Perkotaan masih menghadapi tantangan besar dalam kemacetan, tetapi kami terus mendukung pengembangan infrastruktur transportasi umum, khususnya kereta api dan LRT, sebagai solusi jangka panjang," katanya.

Ketua MTI Tory Damantoro menyambut baik kebijakan jangka panjang dari Kemenhub yang memberikan arah pengembangan transportasi nasional untuk 20 tahun ke depan. "MTI mendukung penuh kebijakan tersebut. Semoga kebijakan transportasi nasional semakin maju sehingga mempercepat pembangunan nasional yang berdampak dan berkelanjutan," ucapnya.

Beliau menekankan pentingnya pembangunan angkutan umum yang layak dan terintegras, khususnya di kawasan perkotaan yang mengalami kemacetan parah.

"Setiap hari masyarakat sangat membutuhkan transum, terutama dengan adanya kemacetan dan perkembangan perkotaan. Setiap kota harus memiliki transum yang layak, terintegrasi, dan nyaman digunakan oleh masyarakat," katanya.

Di sisi lain, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, S.E., M.T., mengingatkan pula pentingnya kesadaran dan pola pikir masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. "Kesadaran masyarakat juga diperlukan untuk mengubah kebiasaan dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum," ujarnya.

Dengan adanya berbagai upaya ini, diharapkan transportasi umum yang terintegrasi, efisien, dan nyaman dapat segera terwujud. Termasuk dalam mengatasi masalah kemacetan di kota-kota besar serta mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

#transportasi #ftsl #kolaborasi #kerjasama #kemenhub