Teknologi Hilirisasi untuk Pembangunan Industri Nasional, Sumbangan Pemikiran Tim Multidisiplin Sivitas Akademika ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menyampaikan dokumen yang berisikan sumbangan pemikiran yang disusun oleh Tim Multidisiplin Sivitas Akademika ITB sebagai tindak lanjut arahan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. pada acara peresmian fasilitas "China-Indonesia Joint Research Laboratory for New Energy Materials and Metallurgical Engineering Technology" pada Rabu (28/8/2024) yang lalu.

Sumbangan pemikiran tersebut disampaikan dalam dokumen white paper yang berjudul “Teknologi Hilirisasi untuk Mendukung Pembangunan Industri Nasional”. Dokumen ini telah disampaikan ke Kantor Kemenkomarves pada Kamis (19/9/2024).

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., pada Kamis (17/10/2024), mengatakan, “Sebagaimana kita pahami, pengembangan industri nasional dimulai dengan pembangunan sumber daya industri yang mencakup (i) pemanfaatan sumber daya alam, (ii) pembangunan sumber daya manusia, (iii) pengembangan dan pemanfaatan teknologi industri, (iv) pengembangan kreativitas dan inovasi, serta (v) penyediaan sumber pembiayaan bagi industri. ITB sebagai institusi yang mengusung fungsi tridarma, dapat memiliki peran signifikan pada empat aspek pertama dalam pembangunan sumber daya industri.”

White paper ITB mengulas potensi peran ITB beserta para mitra dan jejaringnya dalam pengembangan industri nasional, yaitu dalam bidang-bidang sebagai berikut:

1. Pengembangan pada sektor elektronika dan internet berbasis mikro elektronika;

2. Pengembangan pada sektor pengolahan mineral;

3. Pengembangan pada sektor industri farmasi dan alat kesehatan;

4. Pengembangan pada sektor sumber daya air;

5. Pengembangan pada sektor industri baja spesial, superalloy, dan paduan logam maju lain;

6. Pengembangan pada sektor alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Semoga sumbangan pemikiran dari ITB dapat diterima oleh masyarakat RI dan ditindaklanjuti oleh pemerintah baru bersama dengan seluruh stakeholders untuk kemajuan pembangunan bangsa.

White paper “Teknologi Hilirisasi untuk Mendukung Pembangunan Industri Nasional” dapat diunduh di sini.

#itb #luhutbinsarpandjaitan #kemajuanbangsa