Earth Day ITB 2016: Bersatu Untuk Bumi yang Lebih Baik

By Fatimah Larassati

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Saat ini, bumi yang merupakan tempat berlangsungnya kehidupan manusia sangat membutuhkan perhatian. Sebab, bumi yang bersih dan sehat merupakan harapan bagi setiap manusia. Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB menyelenggarakan sebuah acara bertajuk "Gerakan Cikapundung Bersih", hasil kolaborasi bersama Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Pendidikan Indonesia (HMS UPI). Kegiatan yang juga terlaksana berkat bantuan dari Komunitas Cikapundung dan Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Jawa Barat ini berlangsung pada Selasa (26/04/16). Acara yang berlangsung di Teras Cikapundung ini merupakan kegiatan pre-event dari rangkaian acara Earth Day yang diadakan FITB setiap tahunnya. Tujuan diselenggarakannya acara ini antara lain untuk mengajak masyarakat, khususnya mahasiswa, untuk menjaga dan melestarikan Bumi.
Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc. selaku Dekan FITB. "Di sini kita dalam rangka Hari Bumi, kita berupaya untuk melestarikan bumi agar menjadi lebih baik. Ini merupakan kewajiban kita bersama," ujar Dekan FITB tersebut dalam sambutannya. Sebelum kegiatan dimulai, seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai simbol bersatunya tujuan para anggota. Walau sempat diguyur hujan di pertengahan acara, semangat peserta tidaklah pudar sehingga acara tetap berjalan dengan lancar.

"Gerakan Cikapundung Bersih" kali ini diketuai oleh Tabah Juliansah (FITB 2015) dan diikuti oleh  kurang lebih 140 mahasiswa FITB ITB serta 100 mahasiswa HMS UPI. "Kita harus menyatukan visi dan misi untuk bumi yang lebih baik. Ini bukan tentang seberapa banyak kita, tetapi kontribusi apa yang kita lakukan untuk bumi yang lebih baik," tutur Tabah. Acara ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu membersihkan Sungai Cikapundung dan menanam seratus pohon di bantaran Sungai Cikapundung. Pembersihan sungai dan penanaman pohon ini dibagi menjadi empat pos dengan pos pertama terletak di Parahyangan Reksa Raga (Pasaga) dan berakhir di Teras Cikapundung.

Kegiatan ini juga didukung oleh Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Drs. H. Anton Sugiana A, M.Si., Camat dari Kecamatan Coblong mengungkapkan apresiasinya kepada mahasiswa FITB dan HMS UPI atas berlangsungnya acara ini. Ia juga berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan dan tentunya dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah Kota Bandung.

ITB Journalist Apprentice 2016
Owen Nixon Jimawan (FITB 2015)

Sumber foto: Panitia Dokumentasi Earth Day 2016

scan for download