Seri Diskusi LPPM ITB, Prof. Reini Berharap Budaya Inovasi Mendukung Terjawabnya Tantangan Bangsa

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id— Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyampaikan sambutan dalam seri diskusi Excellent Research Culture Volume 04 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB, Rabu (28/4/2021). Menurut Prof. Reini, merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan bagi ITB untuk dapat berdiskusi dengan Chris, seorang kurator TED dan seorang social entrepreneur yang mendukung perusahaan-perusahaan berbasis teknologi, seperti Tesla dan ThorCon.

“Kita semua tahu apa itu TED—organisasi nonprofit yang menyediakan ide berbasis obrolan. Kita familiar dengan TED, bahkan mahasiswa ITB menyelenggarakan acara TEDX-ITB,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Prof. Reini mengatakan bahwa berkat Chris yang telah mewawancara banyak sosok terkemuka dari seluruh dunia, kita memperoleh kesempatan untuk mendengar berbagai pengalaman berharga. “Budaya tersebut telah ada di ITB dan insight dari Chris pastinya sangat berharga untuk memperkuatnya. Bagaimanapun, budaya menumbuhkan dan memelihara inovasi adalah sebuah prasyarat bagi kami untuk menjawab tantangan yang dimiliki bangsa Indonesia. So, Chris, please inspire us,” ujarnya.

Sebagai penutup, Prof. Reini berkata, “In Harmonia Progressio!” dan menyampaikan bahwa nilai tersebut harus selalu diingat.

Seri diskusi ini mengundang seorang pembicara internasional, yaitu kurator TED, Chris Anderson. Ada pun diskusi dimoderatori oleh Prof. Satria Bijaksana, profesor dari Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. Selain Prof. Reini, Prof. Bambang Soemantri Brodjonegoro selaku Menteri Riset dan Teknologi kala itu, juga hadir untuk memberikan sambutan. Ada pun tema yang dibahas pada diskusi kali ini adalah “Growing and Maintaining Innovation Culture”.

Reporter: Zahra Annisa Fitri (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download