Architectour IMA-G: Pengembangan Keilmuan Arsitektur Melalui Kunjungan dengan IMA FTUI

Oleh Asya Aulia Sukma - Mahasiswa Arsitektur, 2021

Editor Anggun Nindita

Foto Bersama IMA-G ITB dan IMA FTUI, di Universitas Indonesia, Sabtu (15/06/2024). (Dok. IMA-G ITB)

BANDUNG, itb.ac.id - Ikatan Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma Institut Teknologi Bandung (IMA-G ITB) melakukan kunjungan ke Ikatan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (IMA FTUI) pada Sabtu (15/6/2024) di Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Kunjungan ini merupakan kolaborasi antara dua program kerja IMA-G tahun ini, yakni Architectour dan Berkunjung-G. Architectour adalah program kerja di bawah Divisi Eksplorasi Arsitektur. Tujuannya untuk pembekalan keilmuan arsitektur dalam bentuk kunjungan. Sekaligus dapat memberikan wadah pengembangan pengetahuan baik di bidang arsitektur maupun di bidang lain yang bersinggungan.

Sebagai informasi, Berkunjun-G adalah program kerja di bawah Divisi Ekstrakampus untuk saling bertukar informasi seputar organisasi dengan pihak eksternal di luar kampus ITB.

Acara dimulai dengan agenda Berkunjun-G, di mana IMA-G ITB dan IMA FTUI memaparkan visi dan misi, struktur organisasi, serta program kerja masing-masing sebagai gambaran umum. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antardivisi yang memiliki fungsi kerja serupa.

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengetahui sistem kerja divisi kedua organisasi sehingga keluarannya kedua belah pihak mendapatkan wawasan baru dan inspirasi yang mungkin dapat diterapkan dalam organisasi masing-masing untuk mengembangkan program kerja yang lebih baik di kepengurusan berikutnya.

Agenda dilanjutkan dengan kegiatan Architectour. IMA-G ITB diajak berkeliling untuk melihat Universitas Indonesia (UI), terutama bangunan-bangunan yang ada di sana, seperti Perpustakaan UI dan Gedung Rektorat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa arsitektur khususnya IMA-G ITB bisa mendapatkan pandangan baru terkait arsitektural dan lebih terlatih dalam memberikan apresiasi serta kritik pada suatu bangunan.

Kegiatan berkeliling tersebut berakhir di halaman Gedung Rektorat UI dan dilanjutkan dengan kegiatan sketchwalk, yakni kegiatan live sketch suatu objek atau suasana di sekitar Gedung Rektorat UI untuk mendukung pengembangan minat dan bakat massa IMA-G ITB. Hasil live sketch tersebut kemudian diunggah dalam instagram story @arsitenar sebagai pensuasanaan kegiatan dan apresiasi karya Massa-G.

Kegiatan Sketchwalk Massa-G, di Universitas Indonesia, Sabtu (15/06/2024). (Dok. IMA-G ITB)

Architectour x Berkunjun-G ditutup dengan pertukaran plakat dan sesi foto bersama di depan Gedung Rektorat UI. Kunjungan IMA-G ITB dan IMA FTUI tahun ini merupakan kunjungan yang kedua. Tahun 2023 lalu telah dilaksanakan kunjungan oleh IMA FTUI ke IMA-G ITB. Harapannya IMA-G ITB dan IMA FTUI dapat terus menjalin hubungan yang baik dan kunjungan ini dapat membuka peluang kerja sama suatu hari nanti.

“Seorang mahasiswa arsitektur memerlukan sudut pandang dari luar lingkungannya dan hal tersebut yang coba diwadahi oleh kegiatan ini. Kolaborasi dan relasi dengan kampus lain dapat memberikan pengalaman dan ilmu yang mungkin tidak pernah dijumpai dalam lingkup kampus ITB," ujar Ketua Divisi Eksplorasi Arsitektur IMA-G ITB 2024, Abigail Nethania Siahainenia (AR, 21)

"Harapannya Architectour ini dapat membuat mahasiswa arsitektur lebih aware untuk dapat mengeksplorasi banyak tempat menarik,” lanjutnya.

Reporter: Asya Aulia Sukma (Arsitektur, 2021)


scan for download