Seminar Nasional Peningkatan Kinerja Logistik di Indonesia: Refleksi, Tantangan, dan Peluang Sistem Logistik Nasional

Oleh Devi Berliana Pratiwi - Mahasiswa Sains dan Teknologi Farmasi, 2021

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id - Pusat Pengkajian Logistik dan Rantai Pasok Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar seminar nasional bertemakan “Peningkatan Kinerja Logistik di Indonesia: Refleksi, Tantangan, dan Peluang Sistem Logistik Nasional” di Aula Barat, ITB Kampus Ganesha, Kamis (25/7/2024).

Total terdapat 18 pembicara yang terbagi dalam 4 sesi dalam kegiatan ini. Seminar ini menjadi wadah berbagi persepsi dan membuka wawasan terkait kondisi sistem logistik nasional terkini dari berbagai pemangku kepentingan, regulator, konsultan, akademisi, dan pelaku usaha.

Kepala Pusat Pengkajian Logistik dan Sistem Rantai Pasok ITB, Titah Yudhistira, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan bahwa berbagai ide dan usulan telah disampaikan dalam seminar ini. Namun beberapa ide masih menimbulkan pertanyaan dan perdebatan.

“Beberapa ide yang diajukan berpotensi dan bagus, semuanya berpotensi untuk meningkatkan kinerja logistik nasional, tetapi seminar ini belum cukup menghasilkan sesuatu yang benar-benar bisa diimplementasikan,” katanya.

Beberapa persepsi dalam upaya mengurai permasalahan fundamental, ide terkait pengembangan transportasi laut, pengelolaan sistem logistik nasional dari aspek regulasi kelembagaan dan strategi pengembangan manusia untuk mengejar negara lain yang lebih maju.

Beliau menegaskan mengenai tujuan diadakannya seminar logistik nasional ini. “Tujuan diadakan acara ini adalah untuk meningkatkan awareness dan mengungkapkan ide-ide yang belum pernah terungkap secara publik. Semoga bisa dilanjutkan sehingga bisa menjadi bahan yang diriset oleh pemerintah dan sistem logistik Indonesia semakin maju,” katanya.

Reporter: Devi Berliana Pratiwi (Sains dan Teknologi Farmasi, 2021)


scan for download