WISE: Inspirasi Perempuan Indonesia di Bidang Teknologi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi Institut Teknologi Bandung (DKST ITB) melalui ITB Innovation Park, mengadakan agenda “WISE : Women in Science, Entrepreneurship & Smart Technology”, pada Jumat (27/9/2024) di Aula Timur, ITB Kampus Ganesha.

Agenda WISE bertujuan untuk semakin mengedepankan partisipasi perempuan di bidang sains, teknologi serta kewirausahaan. Progam tersebut pun dapat memfasilitasi keterampilan dan kompetensi perempuan, sehingga mereka dapat berkontribusi lebih dalam inovasi teknologi di berbagai bidang.

Direktur Kawasan Sains dan Teknologi, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan langkah nyata dalam mendukung keterlibatan perempuan di bidang teknologi yang sejalan dengan visi ITB dalam lima tahun terakhir, yakni menciptakan inovasi yang tidak hanya berdampak, tetapi juga relevan dengan kebutuhan masyarakat.

"Perempuan tidak hanya mampu berkontribusi, tetapi juga menjadi penggerak utama dalam menghadirkan solusi teknologi yang berdampak pada masyarakat luas," ujarnya.


Selain itu, agenda ini pun menjadi wadah kolaborasi yang kuat antara ITB dan berbagai mitra industri. Dengan kolaborasi ini, diharapkan akan tercipta ekosistem yang inklusif, di mana perempuan dapat mengembangkan potensi dan kreativitas mereka dalam teknologi.
ITB menegaskan pula pentingnya kerja sama ini untuk memperluas akses bagi perempuan dan mendorong kesetaraan gender di dunia teknologi.

WISE juga menjadi sebuah kegiatan yang dirancang untuk menginspirasi, mendidik, dan mendukung perempuan dalam mengembangkan karir atau bisnis mereka di bidang teknologi. Ada pun berbagai kegiatan yang ada di sini mencakup workshop atau seminar, sharing session, serta pameran inovasi teknologi yang seluruhnya dijalankan oleh kaum hawa.

Agenda tersebut diisi pula oleh berbagai keynote speaker yang telah ahli dibidangnya. Sebut saja Deputy CEO of ParagonCorp dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK; peneliti dari STEI ITB Dr.Eng. Ayu Purwarianti, S.T., M.T.; dosen SITH ITB Prof. Dr. Pingkan Aditiawati, M.S.; founder The Aubree Skin Mia Emilya, dan dimoderatori oleh pengajar dari program Indonesia Mengajar Destina Ratna A.K.

Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi di era teknologi digital, serta mendorong terciptanya berbagai inisiatif lainnya yang mendukung pemberdayaan perempuan di masa depan.


scan for download