UTBK Gelombang I di ITB Berjalan Lancar, 7.506 Peserta Ikuti Ujian

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok.Humas ITB/Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang I telah dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan lancar. Pada pelaksanaannya telah diterapkan aturan untuk peserta yang mengikuti ujian.

Pada gelombang I, ujian seleksi UTBK berlangsung dari tanggal 30 April, 2 Mei hingga 7 Mei 2024. Ujian tersebut diselenggarakan sebagai proses pemilihan diterimanya mahasiswa di perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK ITB 2024, Achmad Rochliadi, M.S., Ph.D., MRSC., menyampaikan, total peserta yang mendaftar ujian seleksi di Pusat UTBK ITB pada gelombang I sebanyak 7.831 peserta. Peserta yang hadir mengikuti ujian seleksi di Pusat UTBK ITB pada gelombang I adalah 7.506, sehingga presentasi kehadiran peserta yang mengikuti ujian adalah 95,85%.

Pada gelombang I, ujian dilaksanakan di lokasi ujian antara lain di ITB dan lokasi mitra, yakni SMAN 5 Bandung. Dengan rincian, 6.931 peserta di ITB dan 900 peserta di lokasi mitra yaitu di SMAN 5 Bandung. Sementara itu, pada gelombang II, jumlah peserta yang telah terdaftar adalah sebanyak 7.845, yang 900 peserta di antaranya akan melaksanakan ujian di lokasi mitra, yaitu di SMAN 3 Bandung.


Dok.Panitia UTBK ITB

Di sisi lain, per 15 Mei 2024, dilaporkan terdapat 3 orang peserta yang sakit, sehingga tidak dapat mengikuti UTBK.

Beliau menegaskan, pada Pusat UTBK ITB tidak ditemukan indikasi kecurangan. Protokol yang diterapkan meminimalisir akan adanya potensi peserta dapat melakukan kecurangan saat ujian.

Dok.Panitia UTBK ITB

Panitia memberikan sejumlah tips kepada para peserta UTBK sebagai berikut:
1. Istirahat yang cukup menjelang hari mendekati ujian.
2. Kelengkapan ujian yang wajib dibawa adalah:
a. Kartu Tanda Peserta (dalam bentuk tercetak/hard copy).
b. Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang sudah dilegalisasi atau Surat Keterangan sedang duduk di kelas XII dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah atau kartu identitas (asli).
c. Kartu identitas diri (kartu siswa sekolah, KTP, paspor, dll.).
3. Berangkat dari rumah dengan memperhitungkan waktu agar tidak terlambat.
4. Pastikan menggunakan pakaian yang sopan, nyaman, dan tidak menggunakan sandal.
5. Membaca "Tata Tertib Peserta Ujian Pusat UTBK ITB" (yang dapat diunduh di laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/unduhan dan Instagram ITB https://www.instagram.com/p/C6NfzfUPOWw/?img_index=1 )

Narahubung:
Koordinator Pelaksana Pusat UTBK ITB 2024
Achmad Rochliadi, M.S., Ph.D., MRSC.
085871099076


scan for download