2.000 Siswa SMA Riau dan Kepri Antusias Ikuti Kegiatan Pengabdian Masyarakat UKMR ITB

Oleh Devi Berliana Pratiwi - Mahasiswa Sains dan Teknologi Farmasi, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Unit Kebudayaan Melayu Riau-Kepri (UKMR) Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan pengabdian masyarakat, yang salah satu kegiatannya berupa kunjungan ke 44 SMA/sederajat di Riau dan Kepulauan Riau. Kegiatan ini dilaksanakan pada 8-27 Januari 2024 dengan acara puncak Bedah Kampus di Menara Dang Merdu Bank Riau dan Kepulauan Riau, Pekanbaru.

Visi kegiatan ini adalah mengajak siswa/i di Riau dan Kepulauan Riau melanjutkan studi ke perguruan tinggi, khususnya ITB. Kegiatan ini sudah berjalan sejak tahun 2009 dengan nama Ganesha Jalan-Jalan (GJJ) dan berlangsung setiap tahun hingga 2024.

Terdapat tiga acara utama, yakni Visitasi, Tryout, dan Bedah Kampus. Kegiatan ini disambut meriah siswa SMA/sederajat Riau dan Kepulauan Riau dan menjangkau total 2.000 peserta.

Kegiatan visitasi dilakukan oleh seluruh tim mahasiswa ITB yang berasal dari Riau atau Kepulauan Riau. Adapun tryout diselenggarakan di Kota Pekanbaru, Duri, dan Batam dengan total 580 peserta. Tryout ini bekerja sama dengan Brain Academy by RuangGuru untuk memberikan simulasi kepada siswa tentang UTBK 2024. Sementara itu, Bedah Kampus digelar untuk mengetahui lebih jauh tentang ITB dan seputar Perguruan Tinggi. D.Sc.(Tech.) Imam Santoso, S.T., M.Phil. hadir sebagai narasumber yang memotivasi siswa agar tidak minder dan terus bersemangat melanjutkan studi ke perguruan tinggi impian.

   

Ketua acara, Aditya Aryashakti Putra Rahwaman, mengaku terkesan dengan acara yang dilaksanakan. “Event ini sangat besar dan cukup menguras tenaga, tapi sangat terbayarkan melihat kerja keras dan pengorbanan seluruh panitia serta antusiasme seluruh peserta,” tuturnya.

Dirinya berharap kegiatan serupa dapat diadakan lagi dengan jangkauan dan kolaborasi lebih luas.

Reporter: Devi Berliana Pratiwi (Sains dan Teknologi Farmasi, 2021)


scan for download