Kelompok Keilmuan (KK) Ilmu-ilmu Desain dan Budaya Visual didirikan karena adanya keterkaitan antara beberapa isu dalam dunia desain. Misalnya, keterkaitan antara desain dan budaya, desain dan gaya hidup, desain dan media, serta keterkaitan antara penelitian dan pengembangan teori desain. Budaya saat ini dapat diartikan dalam pengertian yang lebih luas sehingga desain dapat menjadi bagian dari budaya visual itu sendiri, sebagai objek kajian budaya visual telah berkembang pesat. Pertumbuhan tersebut disebabkan oleh saling ketergantungan antara isu-isu sosial seperti ekonomi, politik, budaya, pendidikan, dan keberadaan teknologi visual seperti televisi, komputer, video, internet, dan lain-lain. Dengan demikian, budaya visual memiliki ruang kajian, isu, pendekatan, metode, dan strategi yang jelas. Sedangkan minat penelitian kami adalah fungsi produk, bahasa visual, teknologi visual, produk visual, informasi visual, desain dan budaya virtual, studi ideologi visual, studi citra, studi desain dan budaya massa, serta aspek komunikasi dan desain lainnya. Untuk mengkaji metode-metode tersebut, jenis pendekatan yang dapat digunakan adalah estetika, sosiologi desain, antropologi desain, metodologi desain, kajian gaya, sejarah budaya visual, kajian budaya, semiotika, hermeneutika, etnografi, analisis wacana, analisis gaya hidup, dan analisis konsumsi. Melalui metode-metode tersebut, masyarakat dapat memahami budaya visual dan fenomena desain dalam arti yang lebih luas.